News

Setelah 63 Tahun, Akhirnya Warga Pulau Bengkalis Bisa Buat SIM

Ilustrasi.(sumber;internet)

BENGKALIS - Pulau Bengkalis di Provinsi Riau berdiri sejak tahun 1956. Selama ini, warga di sana membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) harus ke Kota Duri, dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer menempuh jalur darat dan laut.

Namun kini, Polres Bengkalis di bawah pimpinan AKBP Yusup Rahmanto membuat gebrakan baru. Masyarakat tak perlu bersusah payah menempuh jarak sekitar 3 hingga 4 jam untuk mengajukan pembuatan SIM.

"Kita meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar jarak lebih dekat jika membuat SIM. Karena selama ini pelayanan SIM kita adanya di Duri. Sehingga masyarakat Pulau Bengkalis kalau membuat SIM harus ke Duri dengan jarak 200 km," katanya, Kemarin.

Dia mengungkapkan, memang selama ini Mapolres Bengkalis dan Kantor Bupati serta kantor pemerintahan lainnya berada di Pulau Bengkalis. Namun untuk pembuatan SIM, hanya ada di Kota Duri, Kecamatan Mandau, jalan Lintas Timur Sumut-Riau.

"Di Pulau Bengkalisnya baru ada sekarang ini kita dirikan. Selama ini yang ada hanya di Duri, meski masih satu kabupaten, tapi jaraknya sangat jauh. Makanya kita dekatkan jaraknya agar memudahkan pelayanan terhadap masyarakat yang membuat SIM," jelas Yusup.

Yusup mengatakan, mekanisme pembuatan SIM di Pulau Bengkalis tidak berbeda dengan daerah lainnya. Bahkan pihaknya juga telah menyiapkan semua sarana dan prasarana pelayanan.

"Sudah kita sosialisasikan agar masyarakat tahu bahwa pembuatan SIM sudah ada di Pulau Bengkalis. Nah sudah banyak masyarakat yang datang untuk membuat SIM, antusiasnya cukup tinggi," kata Yusup.

Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu daerah di Provinsi Riau. Wilayahnya mencakup daratan bagian timur Pulau Sumatera dan wilayah kepulauan dengan luas daerah 7.793,93 kilometer persegi. Ibukotanya berada di Bengkalis, yang terpisah dari Pulau Sumatera.

Pulau Bengkalis berbatasan langsung dengan Malaysia, dan memiliki pantai Selat Malaka, salah satu jalur perairan tersibuk di dunia. Kota terbesar di kabupaten ini adalah Kota Duri, di Kecamatan Mandau yang masih berada dalam satu hamparan Pulau Sumatera.

Penghasilan terbesar daerah ini adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD Bengkalis bersama dengan gas. Bahkan, tercatat daerah ini merupakan terkaya nomor 2 di Indonesia setelah Kutai Kertanegara.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...