Trashod

Pertama Kali Naik Pesawat, Simak Tipsnya Biar Aman

JAKARTA - Kadangkala pertama kali naik pesawat bikin traveler gugup saat lepas landas atau turbulensi. Untuk tetap tenang, ini 4 tips mudah menenangkan diri di pesawat.

Liburan sudah dimulai sejak kamu melangkahkan kaki keluar dari rumah. Pesawat pun digunakan sebagai kendaraan untuk meminimalisir waktu perjalanan. 

Namun terkadang penerbangan tidak selalu mulus. Ada pula traveler yang sering gugup atau takut ketika lepas landas atau turbulensi.

Diintip dari Fox dan phsychology today, Sabtu (7/4/2018), ada beberapa cara untuk menenangkan diri saat berada di pesawat.

Cara paling ampuh untuk menenangkan diri adalah bernapas. Hanya dibutuhkan waktu 60 detik untuk menenangkan diri. 

Dalam studi 2017, Sekolah Kedokteran Universitas Stanford menemukan metode umpan balik yang menghubungkan neuron di otak untuk bernafas. Memperlambat napas rupanya dapat 'mengelabui otak'.

"Kami sekarang tahu bahwa pusat pernapasan secara langsung mengontrol aktivitas fungsi otak tingkat tinggi," kata penulis senior Mark Krasnow.

Ada 4 metode pernapasan bisa diterapkan saat traveler gugup atau gelisah di dalam penerbangan:

1. Napas yang panjang
Cara pertama sangatlah mudah. Traveler bisa latihan pernapasan dengan duduk tegak di kursi. 
Tarik napas dalam-dalam melalui desisan mulut. Setelah itu buang napas melalui desisan secara perlahan. Lakukan selama 60 menit, dan gugupmu akan hilang. 

2. Olah napas
Dalam metode ini kamu hanya perlu tarik napas melalui hidung selama 3-4 detik. Kemudian lepaskan lewat mulut dengan hitungan 5-6 detik. 
Ini akan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Tegang dan gelisah langsung hilang. 

3. Tutup salah satu lubang hidung
Selain melakukan olah napas, metode menutup salah satu lubang hidung juga mampu membuang rasa gelisah dan gugup ketika turbulensi. 
Tutup salah satu lubang hidup dan hirup napas dalam-dalam. Kemudian tahan selama sebentar. Selanjutnya bernapaslah lewat lubang hidung yang satunya. Lakukan langkah ini beberapa kali, sehingga kamu bernapas di tiap lubang hidung. 

4. Metode 4-7-8
Cara lainnya adalah metode 4-7-8. Kamu bisa mulai ambil napas selama 4 detik. Kemudian tahan selama 7 detik dan keluarkan selama 8 detik melalui mulut.  Kamu bisa mengulangi metode ini sampai beberapa kali sampai tenang.  Latihan pernapasan ternyata memang sangat membantu di saat kamu gelisah atau gugup di atas pesawat. Jadi kamu bisa tetap tenang selama pesawat lepas landas atau turbulensi!



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...