Life

Sakit Punggung, Coba Lakukan Hal Sepele ini

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Sakit punggung merupakan masalah umum yang dialami oleh hampir semua orang. Hal ini terutama dialami oleh mereka yang bekerja dalam posisi duduk untuk waktu lama.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah sakit dan nyeri punggung yang terjadi ini. Dilansir dari Health24, menurut ahli, begini cara untuk melindungi diri dari masalah punggung ini.

"Punggung merupakan struktur yang komplek dengan banyak bagian lembut, namun dengan penanganan yang tepat serta kebiasaan gaya hidup yang sehat -termasuk mengangkat beban dengan tepat, postur yang baik, dan olahraga- sangat mungkin untuk mencegah sakit punggung yang umumnya disebabkan karena keseleo," jelas Dr Lawrence Lenke dari the Spine Hospital at New York-Presbyterian di New York City.

Untuk masalah tulang belakang yang lebih kompleks seperti skoliosis, stenosis, retak, atau cedera, Lenke mengatakan bahwa interfensi medis kadang kala perlu dilakukan.

"Namun setiap orang baik yang memiliki atau tidak masalah tulang belakang dapat memperoleh manfaat dari gaya hidup yang lebih sehat untuk memperkuat bagian tulang belakang tersebut," jelasnya.

Gaya hidup yang disarankan oleh Lenke untuk menjaga tubuh dari masalah punggung ini adalah sebagai berikut:

- Pertahankan berat badan sehat, jangan merokok, lakukan olahraga pemanasan dan memperkuat otot dan meningkatkan kelenturan punggung dan perut serta lakukan olahraga pemerkuat jantung. Jika pekerjaanmu membutuhkan banyak duduk, maka berdiri dan berjalanlah setiap 15 hingga 30 menit.

- jaga postur tubuh ideal walaupun sedang duduk. Jangan membungkuk atau terlalu memajukan kepala. Pastikan kakimu menunjang tubuh, pinggul berada pada posisi yang setara atau sedikit lebih tinggi dibanding lutut serta tulang belakang sedikit bersandar. Usahakan terdapat sedikit lengkungan pada punggung bagian bawah.

- Ketika duduk di hadapan komputer, bahu harus dalam posisi santai dan jauh dari telinga. Siku harus berada di bagian samping dan menekuk sekitar 90 derajat serta pergelangan tangan dalam posisi alami. Kepala harus menghadap ke depan tanpa terlalu maju.

- Ketika menggunakan ponsel selain untuk menelpon, jangan melihatnya dengan memajukan kepala atau menundukkan leher terlalu turun. Menundukkan kepala sebesar 45 derajat bisa membuat leher merasa beban setara 23 kilogram.

- Ketika mengangkat beban, pastikan benda yang diangkat benar-benar seimbang dan ditempatkan secara tepat agar beban tidak berpindah. Pastikan beban tetap bertumpu dekat dengan tubuh dan jangan terburu-buru. Tekuk pinggul dan lutut serta gunakan kaki untuk mengangkat beban. Jaga postur tubuh yang tepat dengan punggung lurus dan kepala di atas.

Sejumlah tips tersebut bisa kamu terapkan untuk menjaga tubuh dari munculnya masalah punggung ini.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...