News

Petang Balimau, Event Wisata Budaya dan Religi Bernilai Ekonomi

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution disaksikan Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSI membuka prosesi mandi petang belimau, Ahad (5/5/2019)

PEKANBARU - Rangkaian Petang Belimau sebagai tanda menyucikan diri jelang Ramadan digelar Pemko Pekanbaru. Dimulai dari Salat Dzuhur berjamaah di Masjid Raya, dilanjutkan ziarah ke makam pendiri Pekanbaru dan ditutup dengan mandi belimau di pinggiran sungai Siak. Sempat ditiadakan tahun lalu, kegiatan rutin ini kembali digelar Ahad (5/5/2019). 

Tahun ini, pelaksaaan petang beliau dihadiri langsung Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Kepala Disbudpar Provinsi Riau, Fahmizal Usman serta seluruh pejabat esselon di lingkungan Pemko Pekanbaru. Tradisi Petang Balimau di Kampung Bandar Senapelan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Kota Pekanbaru dan masyarakat di Riau.

Ribuan warga memenuhi pinggiran Sungai Siak dari dua sisi tebing dan bantaran, juga memenuhi kawasan jembatan Siak 1 di Jalan Yos Sudarso dan Siak III. Lomba sampan motor hias dan mandi balimau turut memeriahkan event ini. 

Wakil Gubernur Riau bersama Wakil Walikota, dan Muspida melakukan tabuh beduk tanda dibukanya petang Balimau dan Selamat Datang Ramadan 1440 H. Dilanjutkan dengan mandi balimau dan santunan kepada sejumlah anak yatim dan fakir miskin.

Di sela-sela berlangsungnya acara, Ayat Cahyadi menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru akan terus menggelar agenda tahunan menyambut Ramadan ini karena dirasa sangat berkepentingan kepada peningkatan partisipasi masyarakat dalam hal semarak menyambut ramadhan, meningkatkan nilai-nilai silaturrhami dan persatuan serta menjadi ajang perkenalan budaya serta aneka ragaman makanan dan minuman khas Pekanbaru.

“Event yang kita gelar ini selain memang bertujuan menunjukan kebesaran dan kegembiraan dengan datangnya Bulan suci Ramadan. Juga menjadi event Wisata Budaya dan Religi Bernilai Ekonomi. Jadikan moment ini untuk peningkatan keimanan kita kepada Allah SWT dalam melaksanakan ibadah puasa. Selamat menunaikan ibadah Ramadhan 1440 H mohon maaf lahir dan bathin,” imbuhnya.(Adv/Humas Pemko)




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...