Life

Hadapi Gempa, Ini 6 Cara yang Wajib Diketahui!

sumber;internet

JAKARTA - Gempa magnitudo 7,4 yang dimutakhirkan menjadi 6,9 mengguncang wilayah Banten. Saat terjadi gempa, pasti orang-orang pada panik. Lalu bagaimana cara menghadapi gempa bumi?

Pusat gempa berada pada koordinat 7,54 LS dan 104,58 BT, Jumat (2/8/2019) sekitar 147 km arah barat daya Sumur, Banten. Gempa menimbulkan potensi tsunami terasa hingga Pangandaran, Jawa Barat. Namun potensi tsunami sudah dicabut.

Berikut tips menghadapi gempa bumi agar selamat dirangkum dari berbagai sumber:

1. Berlindung di Bawah Meja


Berlindunglah di bawah meja jika berada di dalam ruangan, rumah, atau kantor. Hal ini agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. 

2. Lindungi Kepala dengan Beberapa Alat
Jangan lupa untuk melindungi kepala dengan helm, bantal, papan, atau kedua tangan dengan posisi telungkup. Hal ini merupakan salah satu cara selamat dari gempa.

3. Jauhi Gedung dan Tiang
Jauhi gedung dan tiang jika berada di luar ruangan dan rumah. Hindari gedung dan tiang menuju daerah terbuka.

4. Jangan Naik Lift
Jika berada di mal atau kantor, jangan naik lift. Gunakan tangga namun jangan panik saat turun tangga darurat. Kemudian bergerak ke tempat terbuka hingga keadaan stabil. Perlu diingat, gempa yang bermagnitudo besar, dapat diikuti gempa susulan. 

5. Hentikan Kendaraan 
Jika berada di dalam kendaraan, berhati-hatilah agar kendaraan tidak berhenti secara mendadak. Usahakan memberhentikan kendaraan dan bergerak ke tempat terbuka agar selamat dari gempa.

6. Jauhi Laut


Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami. Bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi merupakan salah satu cara mengatasi tsunami.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...