News

Dinas Kesehatan Indragiri Hulu Periksa Kesehatan Satgas Karhutla

Tim Diskes Inhu saat menuju lokasi Karhutla di Desa Pulau Gelang Kuala Cenaku

RENGAT - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hulu mengirimkan satu tim kesehatan ke lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Pulau Gelang Kecamatan Kuala Cenaku, Rabu (14/8/2019).

Satu tim yang berjumlah tujuh orang tersebut terdiri dari Dokter, perawat dan petugas medis lainnya. Tim ini akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Satgas Karhutla yang sudah beberapa hari di dalam hutan untuk memadamkan api."Kondisi kesehatan mereka passti menurun apalagi yang dihadapi api dan asap, belum lagi tenaga yang terkuras, pasokan makanan terbatas, makanya perlu dicek kondisi mereka, sekaligus mendistribusikan vitaamin dan obat obatan, ucap kepala Dinas Kesehatan Inhu, Elis Juliarti.

Diakui Elis, menuju lokasi tidak bisa ditempuh dengan jalur darat sepenuhnya, namun harus menggunakan boat atau kompang, setelah itu harus berjalan lebih kurang 3 km, baru bisa sampai ke lokasi.

Selian itu, mengingat tebalnya asap yang terjadi, Diskes Inhu langsung membagi bagikan masker kepada masyarakat dan siswa."Kurangi kegiatan di luar ruangan, perbanyak minum air putih, lakukan pola hidup sehat dan untuk siswa, sebaiknya dilakukan kebijakan apakah harus diliburkan atau tidak, jelas sarjana ahli gizi ini.

Terakit stok masker, Elis menyatakan bahwa masker yang ada saat ini memang terbatas, namun pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bidang teknik kesehatan lingkungan dan pemberantasan penyakit menular yang mempunyai wilayah kerja regional meliputi Propinsi Riau, Propinsi Kepulauan Riau dan Propinsi Jambi."Kita juga akan minta distribusi masker dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, tambahnya.

Kepada masyarakat, elis juga menghimbau jika memang ada penyakit yang disebabkan oleh dampak Asap ini seperti Inpensi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) segera membawanya ke Puskesmas yang akan siap melayani 24 jam dan hal ini akan dilaporkan ke Diskes Provinsi dan juga Kementrian Kesehatan.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...