News

Buruh Wanita di Pabrik Jeans, Dipaksa Bercinta Demi Promosi Kerja

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Baru-baru ini sebuah investigasi paksaan dan pelecehan seksual di pabrik garmen di Lesotho, Afrika Selatan telah ditemukan. Perempuan memproduksi jeans untuk merek Amerika termasuk Levi Strauss, Wrangler dan Lee telah dipaksa berhubungan seks dengan manajer mereka untuk mempertahankan pekerjaan atau mendapatkan promosi.

Seperti dilansir Guardian, investigasi dua tahun oleh WRC ke dalam operasi Nien Hsing, salah satu perusahaan tekstil terbesar di Afrika Selatan menemukan bahwa manajer dan penyelia secara teratur memaksa buruh wanita ke dalam hubungan seksual dengan menjanjikan promosi atau kontrak penuh waktu. Investigasi juga menemukan bahwa manajemen gagal untuk mengambil tindakan disipliner terhadap pelanggar, dan bahwa hak pekerja untuk berserikat ditekan, mencegah mereka untuk secara bersama-sama menyampaikan kekhawatiran mereka.

Menurut wawancara dengan 140 pekerja di tiga pabrik Nien Hsing, pelecehan seksual dari manajer dan penyelia begitu meluas hingga rekan kerja pria juga secara rutin terlibat dalam perilaku kasar. Banyak buruh wanita dipaksa untuk terlibat dalam menjahit, kontrol kualitas, memotong, mencuci dan mengepak.

"Semua wanita di departemen saya tidur dengan penyelia," kata seorang pekerja.

"Untuk para wanita, ini tentang bertahan hidup dan tidak ada yang lain. Jika kamu mengatakan tidak, kamu tidak akan mendapatkan pekerjaan, atau kontrak kamu tidak akan diperpanjang," tambahnya.

Sementara itu, pekerja wanita lainnya juga mengklaim tidak ada tindakan yang diambil terhadap atasannya meskipun ada keluhan tentang pelecehan seksual atau sentuhan yang tidak pantas.

"Mereka mengatakan mereka akan memperbaikinya. Tidak ada tindakan yang diambil. Laly saya biarkan saja karena mereka tidak melakukan apa-apa," katanya.

Laporan tersebut mencakup tuduhan terhadap manajer dari luar negeri. Seorang pekerja mengklaim bahwa manajer asing menyentuh bokong dan payudara mereka.

"Suatu kali, kami menangkap seorang manajer [seorang ekspatriat] berhubungan seks dengan seorang pekerja perempuan di pabrik. Para wanita dalam hubungan ini dipromosikan dengan mudah dan mendapatkan banyak bonus," terangnya.

Menurut laporan yang dibuat oleh WRC, pengawas yang ditemukan terlibat dalam pelecehan seksual, penyuapan atau bentuk-bentuk pelanggaran lainnya biasanya dipindahkan antar departemen, daripada didisiplinkan. Para pekerja pun dituntut untuk berbohong atas nama perusahaan.

"Orang-orang yang membeli produk perusahaan ada di lokasi, dan kami diancam jika [siapa pun] mengatakan kebenaran tentang apa yang sebenarnya terjadi, itu mungkin membahayakan pekerjaan mereka," ungkap pekerja.

Ketika WRC mempresentasikan temuannya kepada Nien Hsing, perusahaan mengklaim bahwa tidak ada kasus pelecehan seksual telah dilaporkan kepada perusahaan selama dua tahun sebelumnya dan bahwa tidak ada manajer atau penyelia yang didisiplinkan untuk pelecehan seksual sejak 2005. 

Sementara itu, Wakil presiden keberlanjutan Levi Strauss & Co Michael Kobori, perusahaan jeans dengan merek Levi's mengatakan kepada Guardian bahwa perusahaan telah mengambil sumber dari fasilitas Lesotho selama 10 tahun terakhir. Ia pun meminta Nien Hsing untuk mengambil tindakan untuk mengatasi tuduhan.

"Kami meminta Nien Hsing untuk segera mengambil serangkaian tindakan untuk mengatasi tuduhan, termasuk membuat perubahan dalam kepegawaian dan manajemen di fasilitas yang disebutkan dalam laporan," ujar Michael.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...