News

Sampah Menumpuk, Sekda Turun Langsung Bersihkan Tumpukan Sampah

PEKANBARU - Melihat banyaknya tumpukan sampah di Jalanan Kota Pekanbaru pada awal tahun 2021 ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru M Jamil MSi terjun langsung dan ikut membersihkan tumpukan sampah di jalan, Senin (4/1/2021).

Dalam tinjauannya bersama beberapa kepala DLHK Agus Pramono, Ia meminta agar kelancaran angkutan perkotaan dan kebersihan di sepanjang Jalan di Kota Peknbarubperlu diperhatikan.

Dalam persoalan penanganan sampah ini, kata M Jamil, perlu keterlibatan semua pihak. "Tidak bisa dari pemerintah saja, masyarakat harus disiplin juga," katanya.

Hal ini disinggung M Jamil saat pengkuhan dan pelantikan Camat dan SekretarisCamat di 15 Kecamatan, pada  Senin (4/1/2021) malam. Dirinya menegaskan agar Camat dan perangkat Kecamatan untuk ikut peduli dengan lingkungan, terutama persoalan sampah.

"Saya kurang suka Camata hanya foto saja ada tumpukan sampah. Saya intruksikan juga pihak Kecamatan bantu DLHK untuk beraihkan tumpukan sampah. Sementara pemenang lelang angkutan sampah ditetapkan," ujar Sekda memberikan intruksi kepada para Camat.

Semenrara itu, Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Agus Pramono menyebut kondisi armada yang terbatas menyebabkan proses pengangkutan sampah butuh waktu lebih lama.

Pihaknya harus menunggu pemenang lelang angkutan sampah. Mereka tidak bisa menunjuk begitu saja pengelola angkutan sampah jelang ada pemenang lelang.

"Maka kita lakukan secara mandiri untuk pengangkutan sampah yang ada di tepi jalan ini," jelasnya.

Agus menyebut bahwa kondisi armada angkutan sampah masih terbatas. Pasalnya hingga kini lelang pengelola angkutan sampah belum ada pemenang.

Lelang ini seiring berakhirnya kontrak kerjasama dua pengelola angkutan sampah pada tahun 2020. DLHK Pekanbaru bekerjasama dengan PT.Samhana Indah dan PT.Godang Tua Jaya.

Agus menyebut bahwa pihaknya untuk sementara menggandeng FK RTRW Kota Pekanbaru. Mereka bakal membantu pengangkutan sampah secara swadaya di lingkungannya.

Kerjasama ini rencananya berjalan sembari menanti pemenang lelang angkutan sampah. Ia berharap segera terpilih pemenang lelang angkutan sampah.

"Kita sudah komunikasikan, agar bisa membantu pengangkutan ini untuk sementara," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...