Warganet

7 Teknologi Modern yang Sudah Ada Sejak Dulu!

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Sebuah hal baru yang inovatif, terutama dalam aspek teknologi, biasanya memiliki basis atau akar yang jadi dasar dalam pengembangan teknologi tersebut.

Hal ini mengapa banyak ungkapan bahwa tidak ada sesuatu yang baru dan orisinal di dunia ini. Yang ada hanyalah gagasan lama yang dipoles kembali.

Nah, banyak contoh dari hal semacam ini. Bahkan teknologi-teknologi modern yang kita kenal saat ini hanyalah versi terbaru dari banyak sekali teknologi kuno yang sudah ada.

Berikut adalah deretan teknologi modern yang ternyata konvensional dan sudah ada sejak dahulu kala. Melansir Listverse, berikut ulasannya.

Video Games


Akar dari video game disebut berasal dari sebuah gim arcade bernama Pong yang lahir di tahun 1972. Namun sebelum itu, di tahun 1958, Dr. William Higinbotham yang bekerja di laboratorium Brookhaven National mendesain sebuah simulasi untuk mengkalkulasi lintasan misil dan pantulan bola.

Dari uji coba tersebut, ia sadar bahwa kreasi tersebut bisa digunakan untuk hiburan. Akhirnya, dari sana lahir sebuah gim bernama Tennis For Two.

Gim ini berupa bola tenis yang direpresentasikan titik lampu, yang menggunakan lintasan untuk memantulkannya, dengan jaring di tengahnya. Layarnya hanya sebesar 12,7 centimeter atau 5 inci berbasis oscilloscope.

Ponsel


Kita sudah hidup an tumbuh dengan mengenal telepon genggam. Namun teknologi ini bahkan sudah ada sejak sangat lama.

Bell Labs telah membuat layanan telepon tanpa kabel dengan sistem langganan di tahun 1946. Permasalahannya, harga layanannya sangat mahal dan perangkatnya terlalu berat dan tidak ringkas.

Lebih jauh, di tahun 1922 sudah ada sebuah teknologi telepon nirkabel yang digunakan untuk mendengarkan pesan. Gadget ini sangat besar dan butuh payung untuk menjadi antena.

Film 3D


Meski film 3D saat ini merupakan hal biasa, teknologi semacam ini sudah meledak sejak lama. Pertama kali meledak tahun 50 an, yang disebut sebagai tahun emas untuk sinema 3D.

Sejarahnya pun cukup panjang, di mana pertama kali film 3D muncul di bioskop tahun 1922. Film ini menggunakan skema warna red dan cyan seperti film 3D kita saat ini. Penontonnya pun juga menggunakan kacamata anaglyph.

Meski demikian, film 3D zaman dahulu cenderung lebih buram dan tidak sejernih dan realistik saat ini. Kemajuan teknologi saat ini hanya memperbaiki ketajamannya, namun tak mengubah teknologinya.

Vaping


Saat ini vaping adalah hal yang sangat 'nge-tren.' Bagaimana tidak, ini adalah alternatif rokok di mana daya elektrik membuat uap sebagai pengganti asap rokok.

Nah, konsep yang hampir sama bahkan telah muncul di tahun-tahun sebelum masehi. Dalam buku The History of Herodotus yang ditulis abad ke 5 sebelum masehi, masyarakat Saka dari Iran menaruh sebuah biji di atas batu panas untuk menguapkannya dan menghirupnya untuk perasaan yang lebih baik.

Alat penguap atau vapor secara nyata akhirnya muncul di tahun 1500 dengan nama hookah. Ini adalah alat yang masih diperdebatkan, apakah berasal dari India, Pakistan, atau Persia. Ini berupa tabung bambu dan kelapa berbentuk selang.

Vapor modern sendiri sudah ada dari tahun 1927, dan dikembangkan hingga tahun 60an. Dulu, alat ini dimaksudkan untuk menguapkan nikotin dari tembakau. Permasalahannya, ketika itu rokok masih sangat populer sehingga alat ini tidak populer hingga akhirnya sekarang menemukan kepopulerannya.

3D Print
3D print adalah teknologi yang saat ini sedang ramai dimanfaatkan di berbagai bidang. Mulai dari industri elektronik, kesehatan, hingga eksplorasi luar angkasa. Namun teknologi ini tidak baru sama sekali.

Di tahun 1981, sebuah institut riset di Jepang menciptakan printer 3D pertama yang bisa berfungsi baik. Printer ini menggunakan photopolymer untuk membuat model 3D tercetak dengan solid.

Dalam sekejap, pengembangan printer 3D makin masif. Hanya dalam beberapa tahun, seorang insinyur bernama Charles Hull mengkreasi model 3D lewat data digital.

Saat ini, printer 3D makin baik kualitasnya dan seiring makin banyak yang memakai sehingga makin murah harganya.

Mobil Elektrik
Saat ini, mobil elektrik adalah sesuatu yang mewah dan mahal, meski penggunaannya akan menggantikan mobil berbahan baka fosil di masa depan. Namun ratusan tahun lalu, mobil listrik adalah salah satu moda transportasi mewah yang ada.

Di tahun 1890 di Prancis, Inggris, dan AS, terdapat sebuah merek mobil elektrik yang berkapasitas 6 penumpang, dan bisa berjalan 23 kilometer per jam.

Bahkan di dekade tersebut, mobil listrik jauh lebih populer. Dibandingkan mobil berbahan bakar bensin, mobil listrik jauh lebih banyak, dengan perbandingan 10:1. Mobil bensin memang tidak terlalu populer karena diharuskan pindah gigi yang ketika itu dirasa sulit.

Operasi Plastik
Jika operasi plastik adalah praktik yang lazim dilakukan di dunia modern, ternyata hal ini bahkan sudah dilakukan di era Mesir kuno, kira-kira 3.000 tahun yang lalu.

Firaun II adalah figur pertama yang dikenal melakukan operasi plastik. Pasca dirinya meninggal, keluarganya secara rapi memasukkan tulang kecil dan segenggam biji-bijian ke hidungnya. Hal ini agar Firaun bisa dikenali oleh Dewa di alam baka.

Di zaman Mesir kuno, praktik ini hanya dilakukan ke orang yang telah tiada. Namun praktik serupa dilakukan ke orang hidup oleh masyarakat India, abad 6 sebelum masehi.

Ketika terjadi kecelakaan yang melukai hidung, sebuah prosedur dilakukan dengan menyobek kulit dahi dan pipi untuk dijahit ke area luka. Prosedur serupa masih digunakan hingga sekarang namun dengan bantuan teknologi yang lebih canggih.

Operasi plastik untuk kecantikan, pertama kali dilakukan oleh bangsa Romawi Kuno, dengan teknik serupa.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...