Lingkungan

Ada 358 Hotspot di Sumatera, Riau Terbanyak

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi di Sumatera. Hari ini terpantau satelit ada 358 sebaran titik panas, Riau paling banyak.

Data BMKG, Senin (2/9/2019), jumlah hotspot tersebut pada level confiden 50 persen. Berdasarkan satelit Terra/Aqua pukul 06.00 WIB, dari jumlah 584 titik panas, di Riau paling terbanyak di banding provinsi lainnya dengan jumlah 150 lokasi. 

Selebihnya ada di Sumsel 67 titik, Bangka Belitung 22, Jambi 103. Namun pada level confidence 70 persen, sebaran titik panas yang diperkirakan ditemukan titik api hanya 107. 

"Kabupaten Bengkalis 21, Meranti 13, Kuansing 1, Pelalawan 23, Rokan Hilir 37, Indragiri Hilir 3, Indragiri Hulu 9," kata staf analisis BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna kepada wartawan.

Akibat sebaran kebakaran hutan dan lahan ini (Karhutla), status udara di Pekanbaru dikepung asap. Jarak pandang pagi hari 5 Km. Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupate Indragiri Hulu, Dumai, dan Pelalawan dikepung asap.

Bila dilihat dari peta Provinsi Riau berdasarkan pantauan satelit, maka saat ini luasan warna merah (sangat mudah terbakar) lebih dominan. Hanya sebagian kecil berwarna biru tua dengan status aman.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...