News

Info Syarat CPNS 2018 di Luar Situs sscn.bkn.go.id

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2018 untuk calon pegawai negeri sipil resmi dibuka di situs sscn.bkn.go.id, Rabu (26/9/2018). Namun keluhan dalam mengakses situs yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu kini jadi perhatian karena pelamar harus memakan waktu agak lama dalam mengakses situs pendaftaran CPNS 2018.

Sebelum mendaftar CPNS 2018, calon pelamar perlu memperhatikan terlebih dulu lowongan yang tersedia di instansi terkait serta berkas-berkas syarat sebelum membuat akun untuk mendaftar jadi peserta seleksi CPNS di situs SSCN. 

Pada situs SSCN, fitur 'pencarian lowongan' itu terletak di bagian paling atas pojok kiri, sebelah logo 'home'. Jika fitur itu dibuka, maka akan tampak lowongan-lowongan jabatan yang terbuka untuk setiap instansi.

Guna memperingan proses pencarian lowongan oleh calon pelamar, terdapat filter pencarian atas lima kategorei yakni pendidikan, jabatan, instansi, lokasi formasi, dan jenis formasi. Di bawah fitur filter itulah kemudian dipaparkan lowongan yang tersedia, dan pelamar harus mengunduh detailnya untuk mencari tahu syarat, berkas yang dibutuhkan, waktu tes, dan lain-lain yang terkait seleksi CPNS di instansi terkait.

Pada tahap ini lah pelamar biasanya mendapati situs berjalan lambat alias lemot, terutama pada jam traffic tinggi atau ketika banyak diserbu pelamar. Untuk mempermudah mengakses informasi persyaratan dan posisi CPNS yang dibutuhkan, pelamar bisa menyiasatinya dengan langsung mengunjungi situs resmi instansi terkait. 

Pada dasarnya, di situs-situs resmi instansi terkait--misal Kementerian BUMN atau Kementerian Keuangan--pun terdapat informasi pengumuman pelaksanaan seleksi CPNS untuk instansi tersebut. Di situs internal instansi juga terdapat informasi tentang posisi yang dibutuhkan serta syarat dan berkas yang diperlukan untuk mendaftar seleksi CPNS 2018.

Selanjutnya, calon pelamar bisa mempersiapkan berkas-berkas tdiperlukan dan mulai masuk ke situs SSCN lalu mendaftar di sana sebagai peserta seleksi CPNS. Pastikan bahwa akun telah diregistrasi sebelumnya.

Dalam buku panduan pendaftaran SSCN 2018, ditegaskan bahwa pelamar hanya dapat melamar pada satu jabatan dalam satu jenis formasi di satu instansi.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyarankan agar para calon pelamar tak mengakses situs SSCN menggunakan ponsel pintar. Lebih disarankan, katanya, menggunakan komputer meja atau laptop.

"Tips ringan ya, jangan pernah teman-teman mengisi pakai smartphone, karena pasti akan ada beberapa detail yang tersembunyi pakailah laptop desktop dan sebagainya," ujar Ridwan saat jumpa pers kantor BKN, Jakarta, Rabu (26/9).

Ridwan pun menegaskan, BKN telah mewajibkan setiap instansi baik kementerian/lembaga/instansi untuk mengunggah file berisi persyaratan dan formasi CPNS di kanal publikasi masing-masing. Itu, katanya, sebagai antisipasi membludaknya calon pelamar seleksi CPNS 2018 yang mengakses situs SSCN dalam waktu bersamaan sehingga membuatnya terbuka lama.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...