Hukrim

Akibat Kabut Asap, 4 Pesawat Batalkan Mendarat di Bandara SSK II

sumber;internet

PEKANBARU - Gara-gara kabut pekat, jarak pandang menurun drastis di Pekanbaru, Riau. Kondisi ini mengganggu penerbangan di bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Ahad (22/9/2019).

Akibatnya, 4 pesawat yang sebelumnya berputar-putar lebih dari 1 jam menunggu jarak pandang membaik, tak berani mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru. Mereka mengalihkan pendaratan di bandara terdekat. Karena sampai pukul 10.30 WIB jarak di Pekanbaru masih 600 meter.

Officer in charge (OIC) Bandara SSK II Pekanbaru, Benni, membenarkan jarak pandang masih 600 meter. Dan pesawat yang awalnya 3 yang holding bertambah menjadi 4 pesawat. Dan keempat pesawat ini batal mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru.

“Info dari 4 pesawat yang sempat melakukan holding untuk pendaratan tadi, akhirnya 2 divert ke Batam yakni ID 6856 dan Lion Air JT 276. Sedangkan Malindo Air OD 362 divert ke Subang. Sementara pesawat Citilink QG 936 divert ke Jakarta,” jelas Benni.

Sementara pesawat yang take off sejak pagi sudah berangkat sebanyak 4 pesawat dari bandara SSK II.

Diberitakan sebelumnya, selain Pekanbaru, beberapa daerah lain di Riau juga diselimuti kabut asap. Seperti Pelalawan, Inhu dan Dumai.

"Jarak pandang di Pelalawan hanya 300 meter. Kemudian Inhu sama dengan Pekanbaru, jarak pandang hanya 500 meter. Sedangkan Dumai sedikit lebih baik yakni 1 kilometer," jelas Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, Ahad (22/9/2019).

Dikatakan Sanya lagi, untuk kualitas udara di Kota Pekanbaru pagi pada level berbahaya.

"Data PM10 bisa kami sampaikan sudah berada di angka 492 ugram/m3. Ini artinya udara berbahaya. Angka di atas 350 diartikan udara dalam kondisi berbahaya," pungkasnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...