Warganet

Main PUBG dan ML Pakai Headset, Pembuluh Darah Otak Remaja ini Pecah

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Di Facebook tengah ramai soal remaja meninggal diduga karena keseringan main game online seperti Mobile Legend dan PUBG. Penggunaan headset disebut-sebut menjadi pemicu pecahnya pembuluh darah di otak. Akibat kejadian ini, banyak yang mengaitkan antara penggunaan headset dan pecah pembuluh darah.

"Nggak ada penelitiannya. Dulu kan dibilang pakai headset bisa kanker otak segala macam, itu belum ada studinya meski dicurigai tapi tidak ada hubungan langsung," ucap spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati SpS, Selasa (24/9/2019).

Menurut dr Rubi, penyakit yang disebabkan karena main game terlalu lama bukan stroke, tapi epilepsi. Main game memang terbukti bisa mentrigger kekambuhan epilepsi pada orang yang memang punya riwayat sebelumnya.

"Kalau misal game picu stroke sih nggak ada. karena dalam faktor risiko stroke kita nggak pernah sebut game. Kamu ke dokter manapun nggak ada tuh faktor risiko stroke karena main game. yang ada merokok, hipertensi, alkohol," paparnya.

Meski demikian, ia menegaskan bermain game terlalu lama pun tidak baik untuk tubuh secara keseluruhan. Dirinya pun berharap agar tiap orang bisa lebih bijak dalam bermain game.

"Kurangi main game. Dampaknya bisa ke tubuh yang lain, nggak cuma otak tetapi mata, leher, kadang lupa makan jadi daya tahan tubuh menurun, nggak istirahat," tutupnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...