News

Sekolah Model Madani Sejalan dengan Pemikiran Wapres JK

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT mengatakan, keberadaan 24 Sekolah Model Madani tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang tersebar di 12 kecamatan, sejalan dengan pemikiran Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Pernyataan itu disampaikan walikota seusai melaksanakan audiensi antara pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dengan Wapres JK, di Istana Wakil Presiden Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).

Dalam audiensi itu, sebut walikota, Wapres JK menyampaikan jika dirinya menginginkan kabupaten/kota di Indonesia tetap mempertahankan keberadaan sekolah favorit pasca penerapan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020.

"Kata Wapres, bagaimanapun sekolah favorit mesti ada juga, tidak harus dihapus, karena itu termasuk dalam smart. Pemikiran beliau (Wapres) itu sudah kita laksanakan, karena sekolah favorit di Pekanbaru tetap ada, hanya berganti nama menjadi Sekolah Model Madani," sebut walikota.

24 Sekolah Model Madani tersebut, terang walikota, sudah diterapkan pemerintah kota terhitung 2018 lalu. 

"Kita sudah menjalankan di satu kecamatan ada satu SD dan satu SMP yang kita jadikan sebagai sekolah favorit. Sekolah favorit ini merupakan sekolah binaan yang kita sebut tadi sebagai Sekolah Model Madani," ungkapnya.

"Sekolah ini merupakan sekolah negeri yang secara sarana dan prasarana atau fasilitasnya lebih dari sekolah lain. Bahkan,  proses pembelajarannya sudah menggunakan teknologi IT berupa komputer. Artinya, pemikiran yang disampaikan pak JK, di Pekanbaru sudah kita laksanakan," sambung walikota.

Sejauh ini, terang walikota, Wapres menilai keberadaan sekolah favorit di kota-kota besar yang sebagian besar di antaranya merupakan sekolah swasta telah mengkotak-kotakan masyarakat. Hal itu lantaran biaya pendidikan di sekolah favorit hanya terjangkau oleh kalangan tertentu.

"Ini terjadi kasta (pembagian masyarakat). Bagi mereka yang berada, mereka gengsi-gengsian anaknya sekolah dimana. Mereka umumnya tidak mau anaknya di sekolah negeri, karena mereka anggap sekolah negeri mutunya rendah dan juga hanya untuk orang menengah ke bawah. Ini tidak boleh terjadi kata beliau (Wapres)," tegas walikota.

"Untuk itu, beliau (Wapres) menginginkan sekolah negeri juga harus dijadikan sebagai sekolah favorit. Nah, di Pekanbaru kita sudah ada Sekolah Model Madani, dan itu sudah kita laksanakan," tambah walikota.

Lebih jauh disampaikan wali kota, keberadaan 24 sekolah favorit atau Sekolah Model Madani di Pekanbaru selain bertujuan meratakan pendidikan di tiap kecamatan, juga untuk mengurai angka kemacetan lalu lintas di jalan raya.

"Dengan adanya sekolah favorit di tiap kecamatan, maka beban lalu lintas akan berkurang," ucapnya.

Sementara terkait sistem zonasi yang disebut Wapres JK masih menuai pro kontra di kabupaten/kota di Indonesia, disampaikan wali kota bahwa di Pekanbaru sendiri penerapannya tidak ada masalah.

"Kalau kita di Pekanbaru, kondisinya sangat sesuai. Dan kita menyambut baik penerapan zonasi ini meski masih banyak daerah yang belum bisa menerima," tutup walikota. (advertorial)



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...