News

Tim Arkeolog Temukan Emas di Lokasi Penemuan Harta Karun Sriwijaya

Ilustrasi.(sumber;internet)

PALEMBANG - Balai Arkeologi Sumatera Selatan meninjau lokasi penemuan emas diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di daerah Cangal, Ogan Komering Ilir. Tim Arkeologi memastikan ada emas dan benda bersejarah di lokasi itu.

"Berdasarkan penelitian itu adalah lokasi permukiman-permukiman lama, kalau dari masa apa ya itu ada sejak awal Masehi. Kebetulan waktu tim kami mengunjungi ditemukan ada penemuan peninggalan-peninggalan lama di lokasi," kata Kepala Arkeologi Sumsel, Budi Wiyana ditemui wartawan di kantor Pemkab OKI, Rabu (9/10/2019).

Tidak hanya itu, Budi mengaku ada warga yang menemukan manik-manik yang terbuat dari emas. Namun belum diketahui pada massa dan tahun berapa manik-manik itu dibuat.

"Kemarin kita temukan ada manik-manik bahan dari emas. Nah, untuk massa kita lihat itu manik-manik Indo-Pasifik. Bahkan ada juga ditemukan tiang rumah dan itu butuh diteliti untuk mengetahui kapan dibuat," kata Budi.

Lokasi perburuan harta karun Sriwijaya itu berada di lahan bekas kebakaran hutan. Lokasi berburu harta karun itu tepatnya berada di lahan kosong yang kini sudah dibuat kanal seluas 500 hektare.

Salah seorang warga yang ikut berburu harta karun, Denni, mengatakan penemuan harta itu sebenarnya pernah terjadi saat lahan yang terbakar pada 2014 dan 2015 padam. Saat itu, air sungai di lokasi surut, sehingga warga disebutnya tak sengaja menemukan emas.

"Saya tidak setuju dikatakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya, tapi kalau dikatakan massa Sriwijaya iya. Ini saya setuju dan masih akan kita teliti untuk memastikan itu," katanya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...