Eksbis

Tingkatkan PAD, Bapenda Pekanbaru Sasar Restoran dan Rumah Makan

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Dongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru datangi sejumlah Restoran dan Rumah Makan. Kali ini sasaran mereka di kawasan jalan Arifin Ahmad-Paus.

"Kita akan turun malam ini (Selasa malam). Kegiatan itu dilakukan guna meningkatkan capaian PAD dari sektor pajak Restoran," kata Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (22/10/2019).

Pria yang akrab disapa Ami ini menyebutkan, ada 364 pegawai akan terlibat. Tim gabungan Bapenda ini turun untuk melakukan validasi data maupun memberikan peringatan terhadap wajib pajak.

"Sasaran kita disepanjang jalan Arifin Ahmad dan Paus. Karena di situ kita anggap yang berpotensi setelah kita turun kemarin di jalan Riau," kata Ami.

Ia menjelaskan, ada tiga sektor pajak yang potensial menjadi target untuk menggenjot nilai PAD, seperti sektor pajak Restoran, Reklame, dan pajak air tanah. "Rumah makan dan Restoran yang kita sasar. Mereka yang beromzet di atas Rp15 juta per bulan. Itu yang kita kenakan pajak," jelasnya.

Lanjutnya, di sepanjang Jalan Arifin Ahmad ada 52 Restoran dan rumah makan yang akan dilakukan validasi data. Mereka akan didata apakah dikenakan pajak, bahkan mungkin menunggak pajak.

"Saat ini kita berhasil mengumpulkan PAD senilai Rp511 Miliar, dari 10 sektor pajak termasuk pajak restoran dan rumah makan," kata dia.

Ia merincikan, saat ini pajak hotel mencapai Rp32,6 miliar, Restoran Rp96,4 miliar, Pajak Hiburan Rp17,8 miliar, Pajak Reklame Rp25,9 miliar, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) Rp89 miliar dan Pajak parkir Rp17 miliar. Sementara Pajak Air tanah Rp2,6 miliar, pajak Sarang walet Rp123 juta, BPHTB Rp106 miliar, PBB Rp120 miliar.

"Sampai hari ini capaian kita sudah Rp511 miliar. Menunjukkan trend yang positif pada tahun lalu, dimana tahun lalu per Desember hanya mencapai Rp503 miliar," jelas Ami.

"Artinya kita harus bisa mengejar potensi dari 10 sektor pajak sebesar Rp285 miliar, agar mencapai target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru sebesar Rp796 miliar," jelasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...