Life

5 Cara Cegah Rumah Tak Mudah Bocor di Musim Hujan

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Memasuki musim penghujan, berbagai permasalahan dalam rumah kerap datang menghampiri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rumah terhindar dari atap bocor, dinding lembab, hingga lantai rembes.

Saat ini, adalah waktu yang tepat untuk memastikan rumah dalam kondisi yang baik untuk menghadapi musim hujan, mengingat intensitasnya yang belum terlalu sering. Berikut cara cegah rumah bocor selama musim hujan:

Periksa Atap Rumah
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tidak ada celah kebocoran di atap. Bila ada kebocoran segera perbaiki bagian yang tidak rapat.

Periksa Plafon
Mengecek plafon juga wajib di lakukan sebelum hujan deras datang secara terus menerus, langkah lain juga bisa di lakukan dengan cara melapisi plafon dengan cat anti bocor untuk membantu melindungi dari potensi bocor.

Pastikan 'Talang Air' Tak Tersumbat
Cek kondisi talang air dan bersihkan dari kotoran seperti daun, atau kotoran lain yang mengendap pada pipa talang air. Talang air yang tersumbat akan menghambat aliran air sehingga bisa menyebabkan kebocoran.

Bersihkan Selokan
Selain dari atap, air juga bisa masuk ke dalam rumah saat hujan terjadi melalui pintu. Untuk itu, perlu memperhatikan kebersihan selokan agar air dapat mengalir dengan baik sehingga tidak terjadi sumbatan dan genangan air.

Pangkas Pohon yang Rawan Tumbang
Apabila terdapat pohon tinggi dengan cabang yang besar di dekat rumah, segeralah pangkas untuk meminimalisir pohon tumbang terkena angin saat hujan.

Saat musim penghujan datang, kita juga wajib untuk mengecek sistem kelistrikan yang ada di rumah, untuk meminimalisir konrsleting listrik saat hujan. Pastikan juga tidak ada kabel yang terkelupas karena berisiko untuk bersentuhan dengan air.

Perhatikan juga beberapa hama yang bisa masuk ke dalam rumah saat musim hujan seperti rayap, karena bisa merusak pintu dan barang-barang dari bahan kayu lainnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...