Life

5 Manfaat Kesehatan dengan Makan Ikan Air Tawar

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Manfaat makan ikan air tawar baik untuk kesehatan tubuh. Ikan ini memiliki sejumlah nutrisi yang berbeda dengan ikan air laut.

Ikan ini hidup di sungai, danau, atau kolam dengan tingkat kandungan garam air laut yang kurang dari 0,05 persen. Mujair, lele, gurame, mas, nila, dan bawal menjadi sebagian jenis ikan yang populer. Ikan umumnya memiliki karakteristik tulang yang lebih kecil dibandingkan ikan air laut.

Kandungan gizi pada ikan ini sangat tinggi. Ikan mengandung protein hampir sebanyak 30 persen asupan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa. Ikan ini juga rendah lemak dan mengandung asam lemak omega-3, meski tak setinggi ikan air laut.

Manfaat makan ikan air tawar untuk kesehatan

Berikut mengutip Healthline, beberapa manfaatnya.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung
Mengonsumsi ikan air tawar baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sejumlah penelitian menunjukkan, ikan jenis ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Kandungan lemak yang rendah, tinggi protein, dan asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan jantung.

2. Kesehatan otak
Ikan ini juga menjaga kesehatan otak. Fungsi otak manusia menurun seiring bertambahnya usia. Konsumsi ikan dapat menghambat penurunan fungsi otak, terutama bagian emosi dan memori.

3. Mengatasi depresi
Rutin makan ikan jenis ini juga dapat mengurangi stres dan depresi. Kandungan omega-3 di dalam ikan dapat berperan sebagai antidepresan.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu pembentukan vitamin D. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan juga fungsi tubuh terkait vitamin D.

5. Mengurangi risiko penyakit autoimun
Nutrisi dalam ikan air tawar dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, artritis reumatoid, dan sklerosis multipel.

Manfaat makan ikan air tawar ini bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Orang dewasa disarankan makan dua porsi ikan setiap minggunya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...