SMA/SMK Disubsidi

Madrasah Aliyah dan Ponpes Tidak Disubsidi, Ini Alasan Pemprov Riau

PEKANBARU - Meski biaya pendidikan di SMA/SMK negeri di Riau digratiskan dan sekolah swasta mendapat subsidi sebesar Rp400 ribu per siswa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, namun untuk Madrasah Aliyah (MA) dan Pondok Pesantren (Ponpes) tidak dianggarkan bantuan yang sama.

Meski begitu Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan jika bantuan di MA dan Ponpes bentuknya bantuan sosial (bansos).

"Jadi bansos itu pasti ada. Kalau hibah itu lebih ke yayasan. Tapi bansos ini kalau tidak dibantu nanti ada dampaknya," ujarnya, Jumat (6/12/2019).

Dia mengakui memang untuk madrasah secara khusus Pemprov Riau ada memberikan beasiswa ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cindikia Siak.

"Secara umum swasta itu tadi bansos, saya rasa kemarin ada juga bantuan ruang belajar (Rumbel). Tapi saya belum tahu persis berapa batuannya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau Rudyanto mengatakan memang secara khusus pihaknya tidak ada memberikan subsidi kepada sekolah MA dan Ponpes.

"MA dan Ponpes ini kan kewenangan Kementerian Agama. Memang ada bansos yayasan pendidikan MA dan Ponpes ini, tapi itu ada Biro Kesra Setdaprov Riau," katanya singkat.

Untuk diketahui tahun ini Biro Kesra Setdaprov Riau ada mengusul 22 proposal hibah yayasan pendidikan. Namun anggaran hibah itu tak masuk dalam APBD Riau 2020.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...