News

Curah Hujan Tinggi, 3 Daerah di Riau Rawan Banjir

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Tiga kabupaten di Provinsi Riau terancam banjir akibat meningkatnya curah hujan. Tiga kabupaten itu adalah Kampar, Rokan Hulu dan Pelalawan.

"Tiga kabupaten, yakni Kampar, Rohul dan Pelalawan cukup rawan (banjir)," ujar Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur, di Pekanbaru, Selasa (10/12/2019).

Tingginya curah hujan beberapa waktu terakhir membuat potensi banjir meningkat. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Riau tapi juga di daerah lain, seperti di Provinsi Sumatera Barat.

Menurutnya, aliran air dari Sumatera Barat akan bergerak melalui sungai-sungai yang ada di tiga kabupaten di Riau. Ini disebabkanya topografi Sumatera Barat yang lebih tinggi dari Riau.

Untuk mengantisipasi banjir, kata Jim Gafur, BPBD Riau berkoordinasi dengan BPBD di tiga kabupaten di Bumi Lancang Kuning. "Koordinasi terus dilakukan sejak November lalu," ucap dia.

BPBD Kabupaten Kampar, Rokan Hulu dan Pelalawan diminta menyiapkan logistik dan peralatan untuk antisipasi terjadinya banjir. Kepada masyarakat juga diimbau untuk terus waspada.

"Kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai di tiga kabupaten untuk terus waspada. Jika melihat tanda-tanda akan banjir segera lakukan evakuasi dan laporkan juga ke petugas kita," imbau Jim Gafur.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...