News

Jaksa Agung : Kalau Ada Oknum Jaksa Nakal, Laporkan!

JAKARTA - Rencana pemerintah untuk membubarkan Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) sudah dilakukan. Hal tersebut disebutkan terjadi karena adanya oknum TP4D yang menyalahgunakan jabatan dalam mendapatkan keuntungan. Tidak hanya itu, ada juga oknum Pemda yang 'berlindung' dibalik tim tersebut. 

Meski begitu, pemerintah tetap bisa meminta pendampingan dari kejaksanaan. Hal tersebut disampaikan Jaksa Agung ST Burhanuddin di depan perwakilan Walikota yang tergabung dalam Asosiasai Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) saat berkunjung di Gedung Bundar Jakarta, Rabu (11/12/2019). Tidak hanya itu, Jaksa Agung juga tegas menyatakan akan 'menyikat' seluruh oknum kejaksanaan di daerah yang coba-coba menyalahgunakan jabatan.

"TP4D itu memang dibubarkan dan KemenpanRB juga berencana mengevaluasi itu. Tapi jika kepala daerah meminta pendampingan dari kejaksanaan, kita siap. Kalau juga ada oknum lembaga kami di daerah yang 'nakal' saya minta para Walikota ini melaporkan. Ada jalur khususnya ke kami," terang Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Diterangkan Jaksa Agung di depan para Walikota tersebut jika paradikma Kejaksaan Agung lima tahun kedepan adalah modren, moderat dan profesional dalam menjalankan fungsi mereka. Dia juga menyebutkan jika kedepan, kerjasama yang sudah berlangsung selama ini akan lebih ditingkatkan, terutama dalam mendukung program pembangunan strategis nasional yang ada di daerah. 

"Nanti penugasan pendampingan dari kami ke kota akan mendapingi pemda, mulai dari masalah hukum hingga pada APIP. Tapi bukan bearti sampai soal lelang ATK juga minta pendampingan, itu yang salah namanya. Jadi bagaimana kedepan Pemda membangun tetap aman tertutama dalam mendukung pembanguan stategis nasional di tempat mereka," tegasnya. 

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua Apeksi Nasional yang juga Walikota Tanggerang Selatan, Airin Rachmi Diany juga dihadiri para ketua Komwil Apeksi lainnya dan salah satunya adalah Ketua Komwil I Sumatera yang juga Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT. Usai pertemuan, Walikota Pekanbaru mengucapkan terimakasih atas sambutan dan arahan yang diberikan oleh Jaksa Agung tersebut. 

"Terimakasih atas arahan dan sambutan dari bapak Jaksa Agung. Tadi ada banyak diskusi yang kita lakukan bersama kawan-kawan Walikota. Yang ditekankan Jaksa Agung itu bagaiman program pembangunan strategi nasional di daerah tetap jalan. Jangan lagi ada rasa takut untuk melakukan pembangunan karena kejaksanaan siap melakukan pendampingan. Sesuai dengan trilogi pembangunan Kota Pekanbaru, bagaiman bekerja cerdas, cermat dan aman,'' ujar Firdaus.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...