News

Minapadi Teknologi Pertanian Efektif Dimasa Pandemi

ACEH - Peluang usaha bagi petani di desa Meunasah Krueng Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya sangat potensial dan strategis, karena tempat di lokasi tersebut memiliki sumber air irigasi yang kebutuhannya selalu kontinyu dan rata-rata pekerja sumberdaya manusia di daerah tersebut adalah petani dan pembudidaya ikan, namun persoalan yang dihadapi petani adalah belum mendapatkan ilmu dan sains yang dapat meningkatkan hasil produksinya.

Permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani di daerah tersebut adalah kegiatannya hanya mengerjakan satu prioritas saja tanpa intensifikasi untuk meningkatkan pendapatan hasil petani dan pembudidaya ikan dan juga hama burung yang menyerang sawah yang dilakukan dengan menanam padi secara serentak agar produksi padi tidak berkurang. Aktifitas yang dapat dilakukuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan protein hewani sebagai imun tubuh manusia salah satu diantaranya adalah Minapadi.

Minapadi merupakan sistem menanam padi dengan budidaya ikan di dalam satu areal persawahan secara bersamaan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan hasil petani dengan produktifitas hasil padi yang tinggi dan meningkatkan produksi ikan. Teknologi yang digunakan untuk meningkatkan produksi padi dan ikan adalah teknologi pemberian pakan ikan secara otomatis dan pengusir hama burung dengan otomatis.

Pemberian pakan secara otomatis dilakukan dengan cara menggunakan pompa air mini yang sudah dimodifikasi dengan bantuan digital timer sehingga pakan dengan otomatis mengeluarkan pakan pada waktu yang kita tentukan yaitu 3 kali dalam sehari. Teknologi yang kedua yaitu pengusir hama burung dengan otomatis dengan menggunakan ekstrak bahan-bahan herbal (jengkol, bawang putih, bintaro) dengan bantuan alat semprot otomatis.

Selain meningkatkan pendapatan hasil petani, teknologi tersebut juga mengurangi aktifitas di luar rumah, dimana di masa Pandemi covid-19 ini dapat menimbulkan kesehatan terganggu yang terjadi di luar rumah. Dengan adanya teknologi otomatis, intensitas ke sawah  akan berkurang tannpa mengurangi hasil produksi.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...