News

PLTA Buka 3 Pintu Air, Warga Kampar Waspada

KAMPAR - Pihak PLTA Koto Panjang kembali membuka pintu pelimpahan (spillway gate) waduk PLTA Kabupaten Kampar. Setelah sebelumnya membuka 3 pintu, saat ini menambah 2 pintu lagi. Total yang dibuka 5 pintu.

Humas PLN Wilayah Riau Kepri, Fendi Nusantoro, mengatakan bahwa penambahan pembukaan dua spillway waduk PLTA Koto Panjang ini dilakukan karena elevasi waduk PLTA yang masih tinggi. Sebab curah hujan di wilayah Sumatra Barat dan Riau masih tinggi.

“Karena elevasi waduk masih tinggi, dan belum normalnya beberapa aliran sungai di sisi hulu, maka dilakukan penambahan pembukaan pintu air jam 11.00 WIB, setinggi 20 CM. Jadi total pembukaan 5x120,” jelas Fendi.

Pembukaan ini menyebabkan tinggi air Sungai Kampar akan naik 30 sampai 60 Cm. Dan surat edaran pembukaan spillway telah disampaikan ke pemerintah dan masyarakat.

Sebelumnya diberitakan, curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Riau dan Sumatra Barat dalam beberapa minggu ini menyebabkan waduk PLTA Koto Panjang yang berada di Kabupaten Kampar, meluap. Pihak PLTA terpaksa membuka 3 pintu pelimpahan (spillway gate) waduk PLTA Koto Panjang setinggi 30 Cm sejak Senin (9/12) pukul 15.00 WIB lalu. Dan kini pihak PLTA menambah 2 pintu lagi dibuka.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...