Trashod

Riau Bersolek Menyambut Geliat Wisawatan Lokal dan Internasional

Destinasi wisata sejarah yang menjadi andalan provinsi Riau yakni, Istana Siak Sri Indrapura atau Istana Asserayah Hasyimiah di Kabaten Siak. (Foto Dispar Riau)

Diterbitkan Pergub Pariwisata Halal ini bertujuan sebagai pedoman bagi pengelola pariwisata dalam memberikan pelayanan pariwisata halal kepada wisatawan. Ruang lingkupnya adalah, destinasi halal, pemasaran, Industri Pariwisata, kelembagaan, pembinaan dan pengawasan serta pembiayaan.

Dalam Pergub ini juga disebutkan fasilitas umum guna mendukung kenyamanan aktivitas kepariwisataan halal yang meliputi, tempat dan perlengkapan ibadah wisatawan muslim dan fasilitas bersuci yang memenuhi standar syariah.

Kemudian, disebutkan tentang pemberdayaan dan peran serta masyarakat yang meliputi, penguatan kesadaran masyarakat, peningkatan kapasitas dan peran masyarakat dalam pengelolaan usaha dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Adapun kebijakan tetang pengembangan investasi Pariwisata Halal yang dicantumkan diantaranya adalah, peningkatan insentif investasi berupa memberikan keringanan pajak, memberikan kemudahan investasi dan peningkatan promosi.

Dalam melaksanakan pengawasan Pariwisata Halal dilakukan oleh Pemerintah daerah melalui Dinas terkait yang melibatkan DSN-MUI, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, Badan Promosi Pariwisata Daerah, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia, Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia, Forum Kepariwisataan Daerah dan Himpunan Pramuwisata Indonesia. Hasil dari pembinaan dan pengawasan dilaporkan kepada Gubernur.

Indonesia menjadi target pasar wisata ramah muslim bagi negara-negara muslim dan non muslim dunia. Perlu dibangun suatu kesatuan pandangan dan aksi nyata yang sinergis oleh seluruh unsur dalam ekosistem pariwisata untuk menumbuh kembangkan industri wisata ramah muslim Indonesia. Pemerintah saat ini sudah menetapkan Riau sebagai destinasi pariwisata halal. Menurutnya, dengan konsep pariwisata halal dapat menarik kunjungan wisatawan muslim dari timur tengah.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Riau, Raja Yoserizal ketika menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan pengembangan homstay di kawasan wisata, beberapa waktu lalu. (Foto Dispar Riau)

Berdasarkan data Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar, target pertumbuhan pariwisata halal Indonesia sebesar 4 persen sejalan dengan tumbuhnya halal tourism dunia yang signifikan. Diproyeksikan besarnya pengeluaran wisatawan halal tourism mencapai US$ 24 miliar pada tahun 2023 atau tumbuh diatas 7,6 persen, sementara pada 2017 jumlah pengeluaran wisatawan muslim dunia mencapai US$ 117 miliar.

Aksesibilitas Crossborder
Gerbang pintu masuk utama melalui jalur transportasi laut di Provinsi Riau sangat memiliki potensi besar guna meraup kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) untuk datang ke provinsi Riau.

Total kapasitas kursi penumpang kapal dari Malaysia tujuan Dumai adalah 550 orang per hari, 16.500 orang per bulan atau 198.000 orang per tahun. Rutenya melalui pelabuhan Melaka - Dumai, 250 kursi per hari, Muar - Dumai, 150 kursi per hari dan Port Dickson - Dumai, 150 kursi penumpang per hari.

Kemudian di pelabuhan Bengkalis, dari Malaysia melalui pelabuhan di Melaka ke Bengkalis, 3 kali seminggu dengan kapasitas 250 kursi penumpang sekali jalan, Muar - Bengkalis, 3 kali seminggu dengan kapasitas 250 kursi sekali jalan. 1.500 orang seminggu, 6.000 orang sebulan atau 72.000 orang per tahun.

Ditambah lagi, pelabuhan di Kota Selat Panjang kabupaten Kepulauan Meranti. Dari Malaysia terdapat 1 kali kapal yang beroperasi secara harian ke Selat Panjang, yaitu dari Batu Pahat, Johor, memiliki kapasitas 250 kursi, artinya per bulan kapasitasnya 7.500 penumpang atau 90.000 orang per tahun. Maka, dengan demikian, total daya angkut penumpang tiga pelabuhan ini adalah 360.000 orang per tahun.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...