News

Sebelum Terdampar di Aceh, Pengungsi Rohingya Ditolak Thailand dan Malaysia

Etnis Rohingya yang terdampar di Aceh baru-baru ini. (Sumber;internet)

BIREUEN - Sebelum mendarat di Kuala Raja, Bireun, Aceh, 79 warga etnis Rohingya terombang-ambing di tengah laut. Mereka sempat masuk ke perairan Thailand dan Malaysia, namun petugas kedua negara tersebut menolak mereka.

"Informasi yang kita terima dari pemandu warga etnis Rohingya yang bisa berbahasa Melayu. Mereka pertamanya ke Thailand namun ditolak, kemudian ke Malaysia. Itu pun ditolak sehingga mereka terdampar ke Aceh," kata Kapolres Bireun AKBP Riza Yulianto kepada detikcom, Jumat (20/4/2018).

Dia menyebutkan mereka pergi dengan kapal ukuran kecil, untuk mencari pekerjaan. Namun penolakan terus menerus diterima mereka hingga terombang ambing lebih dari lima hari di tengah laut. Melihat kondisinya, mereka nampak lemas dan kekurangan cairan.

"Mereka sempat melihat ada kapal keluar dari pelabuhan. Mereka mengikuti arah kapal tersebut dan kemudian di bantu oleh para nelayan untuk dievakuasi ke tepi laut. Beberapa jam setelah itu baru di bawa ke gedung SKB Cot Gapu Bireun untuk diinapkan," tambah Riza.

Saat ini, tim dari Imigrasi Lhokseumawe, Dinas Sosial Bireun dan sejumlah petugas lainnya terus memberikan pertolongan kepada mereka. Termasuk mendata nama-nama dari 79 warga etnis Rohingya tersebut.

"Petugas imigrasi sedang mendata mereka. Kita pun sedang menunggu tim dari UNHCR dan IOM serta Kedutaan Besar Myanmar untuk memastikan mereka semuanya," sebut Riza.

Untuk diketahui, etnis Rohingya ini tiba di Pantai Kuala, Bireuen, sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka diselamatkan oleh nelayan. Begitu tiba, para pengungsi ini ditempatkan di sebuah tempat di kawasan Pantai Kuala Raja. 

Pengungsi Rohingya yang diselamatkan ini terdiri atas 44 laki-laki, 27 perempuan, dan 8 anak-anak. Mereka dievakuasi dari satu boat. Setelah dua jam di kawasan pantai, mereka di evakuasi ke gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireun.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...