Life

Begini Cara Buat Kacamata Khusus untuk Gerhana Matahari Cincin

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Saat mengamati fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC), masyarakat dilarang untuk berlama-lama melihat fenomena itu dengan mata telanjang. Sebab, hal itu dapat mengganggu kesehatan mata bahkan menyebabkan kebutaan.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau menggunakan kacamata khusus yang dibalut dengan filter Matahari.

Menurut Peneliti Senior Planetarium dan Observatorium Jakarta Widya Sawitar, masyarakat bisa mendapatkan kacamata khusus amati GMC melalui sejumlah komunitas astronomi. Biasanya kacamata itu dibanderol mulai Rp20 ribu sampai Rp35 ribu.

"Komunitas [astronomi] ada yang menjual [kacamata khusus GMC]. Biasanya Rp20 ribu sampai Rp35 ribu tergantung material filter dan desain," kata Widya, Kemarin.

Lebih lanjut, kata Widya, sebetulnya masyarakat dapat membuat sendiri kacamata khusus GMC tetapi perlu pemahaman yang baik terkait langkah pembuatannya.

"Kalau tidak paham, agak sulit. Jaman dahulu bisa pakai film positif, sekarang sudah susah mendapatkannya," ucapnya.

Selain itu, filter matahari yang menjadi bahan utama untuk melihat GMC pun jarang dijual di pasaran, "Dealer astronomi biasanya mengadakan [penjualan kacamata khusus GMC kalau ada pesanan," pungkas Widya.

Kendati demikian, jika Anda tetap ingin mengamati Gerhana Matahari Cincin yang hanya terjadi 12 tahun sekali di Indonesia. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktekan untuk membuat adapter filter Matahari:

1. Dikutip dari forum diskusi Dunia Astronomi yang digawangi Hanief Trihantoro, siapkan filter Matahari, karton tebak (duplex), dan kertas HVS. Anda juga mesti mempersiapkan alat seperti gunting, cutter, selotape, double tape, lem, penggaris, pita pengukur, dan pulpen.

2. Anda mesti mengukur keliling luar lensa dengan selotape ukuran besar dan gunakan pita pengukur lalu ukur panjangnya dengan penggaris. Setelah itu, sisakan 3 sentimeter sampai 5 sentimeter untuk area lem.

3. Anda juga harus mengukur kedalaman adapter dari tepi luar lensa, lalu sisakan lagi 3 sentimeter sampai 5 sentimeter untuk area lem. Kemudian, potong dengan cutter atau gunting.

4. Kedua area lem yang telah disisakan tersebut dibagi menjadi dua agar dapat ditempelkan ke sisi lainnya. Lalu bubuhkan lem atau double tape di kedua bagian dan rekatkan.

5. Lalu tempatkan kertas HVS di sekeliling lensa, setelah kering, lepas kertas HVS dan potong area lem (yang akan ditempelkan ke karton tempat filter dipasang) lalu beri double tape.

6. Buat dua pola persegi untuk menempelkan filter yang akan disambungkan ke adapter. Namun pola persegi ini harus lebih besar 3 sentimeter dibanding ukuran filter. Contoh, ukuran filter 10 x 10 cm maka ukuran persegi karton harus 13 x 13 sentimeter.

7. Bubuhkan lem atau double tape secukupnya di sekeliling lubang, lalu tempelkan filter ke karton. Kemudian tempel satu karton lagi ke karton yang sudah ditempeli filter.

8. Langkah terakhir adalah menempelkan tabung adapter ke karton filter. Tambah pelindung kertas agar filter tidak cepat kotor.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...