Life

Bacaan Tasbih dan Manfaatnya

Ilustrasi (sumber:internet)

JAKARTA - Setelah selesai sholat, kita dianjurkan untuk berzikir kepada Allah. Zikir dengan bertasbih kepada Allah. 

 

Bacaan tasbih yakni subhanallah. Tasbih dibaca sebanyak 33 kali.

Namun ternyata bertasbih bukan hanya usai sholat. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surah Toha ayat 130: "Maka bersabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang telah mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam. Dan bertasbih pula pada waktu tengah malam hari dan diujung siang hari, agar engkau merasa tenang."

Dalam HR Muslim disebutkan, sesungguhnya ucapan yang paling disukai adalah 'Subhanalloh wabihamdihi' (Maha Suci Allah dengan segala pujian pada diri-Nya) (HR. Muslim). Rosulullah Saw juga pernah ditanya, "Perkataan apa yang paling utama?, Rosul Saw menjawab, "Yang dipilih Allah bagi para malaikat atau hamba-hamba-Nya, yaitu 'Subhanalloh wabihamdihi' (Maha Suci Allah dengan segala puji pada diri-Nya" (HR. Muslim).

Lalu apa manfaat tasbih?

Mush'ab bin Sa'd menceritakan bahwa ayahnya pernah mengatakan, Rosulullah Sab bersabda, "Apakah seseorang diantara kamu kuat setiap hari melakukan 1.000 (seribu) kebaikan?", sahabat menjawab, "Bagaimana seseorang dia ntara kami dapat melakukan 1.000 (Seribu) kebaikan?"

Rosulullah Saw menjawab, "Yaitu mengucapkan tasbih 100 (seratus) kali, maka akan dituliskan untuknya 1.000 (seribu) kebaikan dan akan diampuni 1.000 (seribu) kesalahannya" (HR. Muslim, Nasa'i dan disahkan oleh Tirmidzi).

Hadits lainnya yakni Abu Hurairah ra menungkapkan, Rosulullah Saw bersabda, "Barang siapa mengucapkan 'Subhanalloh wa bihamdihi' 100 kali dalam sehari semalam, maka ia akan diampuni segala dosanya, sekalipun dosanya itu sebanyak buih dilautan" (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Abi Umamah ra menyatakan, Rosulullah Saw bersabda,"Barang siapa yang terhalang oleh malam untuk dapat bangun atau terhalang oleh harta untuk memberi infaq atau takut kepada musuh dalam perang, maka hendaknya ia memperbanyak membaca 'Subhanalloh wa bihamdihi', karena sesungguhnya ucapan ini lebih dicintai oleh Allah dibandingkan segunung emas yang ia infaqkan dijalan Allah" (HR. Thobroni).

Abu Huroiroh ra mengemukakan, Rosulullah Saw bersabda, "Dua kalimat yang ringan diucapkan, tetapi berat dalam timbangan dan sangat dicintai oleh Tuhan Yang Maha Rahmat, yaitu 'Subhanallo wa bihamdihi subhanalloohil azhiim' (HR. Bukhori dan Muslim)

Selain membaca tasbih, kita juga dianjurkan membaca tahmid 33 kali, Alhamdulillah, dan takbir 33 kali, Allahu-akbar.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...