Life

Meski Pahit, Ini Segudang Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Tak hanya buahnya,  kandungan daun pepaya juga memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Daun buah tropis ini kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Daun pepaya mengandung antioksidan yang dapat melawan peradangan, penyakit, dan menghambat penuaan sehingga Anda bisa terlihat tetap awet muda.

Untuk mendapatkan manfaat kandungan daun pepaya, daun ini dapat dimasak dan dinikmati menjadi sayuran dan juga bisa dijus. Olah daun pepaya dengan baik dan dapat dicampur dengan bahan lain agar tidak terlalu pahit.

Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat memecah rantai protein keras seperti pada daging merah. Selain bisa dipakai sebagai trik untuk mengempukkan daging, enzim yang terkandung dalam daun pepaya ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah perut kembung.

Daun pepaya juga mengandung senyawa alkaloid kuat yang dapat bekerja melawan ketombe dan kebotakan. Daun ini juga kaya akan vitamin A, C, E, K, dan B  serta sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi.

Berikut manfaat kandungan daun pepaya.

1. Menjaga kesehatan hati
Kandungan dalam daun pepaya dapat membersihkan racun di dalam hati. Dikutip dari NDTV Food, daun pepaya bisa menjaga sel di organ hati dan juga menyembuhkan penyakit hati kronis, penyakit kuning, dan sirosis hati.

2. Melancarkan pencernaan
Studi menunjukkan enzim dalam daun pepaya terbukti membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan membersihkan usus besar. Enzim papain juga membantu menyembuhkan dan mencegah penyakit maag.

Daun pepaya juga mengandung protease dan amilase. Enzim ini dapat membantu memecah protein, karbohidrat, dan mineral. Sifat anti -inflamasi yang tinggi juga mampu mengurangi peradangan lambung dan usus besar.

3. Menurunkan kadar gula darah
Daun pepaya dapat menurunkan kadar gula darah dan baik untuk penderita diabetes. Antioksidan yang tinggi pada daun pepaya juga menurunkan risiko komplikasi akibat diabetes karena dapat menjaga organ tubuh, seperti kerusakan ginjal dan hati.

4. Mengobati masalah kulit
Daun pepaya kaya akan vitamin C dan A yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kulit dapat menjadi lebih sehat dan bercahaya. Jus daun pepaya juga dapat menekan radikal bebas.

Senyawa karpain dalam daun pepaya dan membersihkan kulit dari racun dan mencegah jerawat, bintik-bintik hitam, dan komedo.

5. Menurunkan risiko kanker
Ekstrak daun pepaya mengandung senyawa yang bermanfaat sebagai antikanker. Studi di jurnal Ethnopharmacology menunjukkan enzim dalam daun pepaya dapat melawan kanker hati, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker payudara.

Sifat anti-inflamasi pada daun pepaya juga bisa membantu mengurangi peradangan dan efek samping dari kemoterapi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...