News

WFH, Perusahaan Jepang 'Traktir' Karyawannya Pesta Online

Ilustrasi.(sumber;cnnindonesia.com)

TOKYO - Bekerja di rumah dan tetap berada di rumah adalah bagian dari penanggulangan virus corona. Akibatnya pemerintah berbagai negara memutuskan untuk menetapkan aturan work from home dan juga melarang warganya untuk berkumpul, pesta, dan keluar rumah jika tak penting.

Dengan teknologi modern, Anda dapat mengirimkan dokumen, membuat kontrak, mengakses basis data, dan melakukan pertemuan jarak jauh. Hanya saja bekerja dari rumah tanpa bisa keluar rumah sering dikeluhkan membosankan.

Untuk menyenangkan karyawannya, satu perusahaan Jepang ingin karyawannya mabuk bersama rekan kerja mereka dari jarak jauh juga, alias secara online.

Gree, perusahaan game mobile Jepang sudah menerapkan sistem WFH untuk 1.700 orang karyawannya seiring dengan keadaan darurat di Tokyo. Tak dimungkiri, sebagai perusahaan berbasis teknologi, stafnya cenderung tak punya masalah untuk beradaptasi dengan sistem wfh. Hanya saja, managemen perusahaan masih khawatir dengan kesehatan mental karyawannya di rumah.

Mereka khawatir jika karyawan mungkin kehiangan solidaritas, moral, dan komunikasi informal dengan teman-temannya jika bekerja dalam isolasi. Lagi pula, jika tidak ada yang pergi ke kantor, maka tidak ada yang mengundang satu sama lain untuk minum di bar di seberang jalan dari kantor setelah bekerja. Solusinya adalah mereka mendorong karyawan untuk melakukan pesta minum secara online.

Mereka menggunakan jenis perangkat lunak untuk video yang sama dengan yang mereka gunakan untuk konferensi video. Perusahaan bahkan bersedia membayar sebagian, karena menawarkan kepada karyawan anggaran 3.000 yen (US$ 28) per bulan untuk membeli minuman dan makanan ringan.

Mengutip Sora 24, karyawan hanya perlu memberikan kuitansi dan menyerahkannya ke kantor untuk diganti. Namun semuanya ini tetap ada syarat yang harus dipenuhi.

Peraturan juga menyatakan bahwa penggantian hanya tersedia untuk makanan dan minuman yang dikonsumsi di rumah atau delivery, karena tinggal di rumah adalah strategi menjaga jarak sosial yang paling aman.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...