Trashod

Hoshi, Nasi yang Bisa Awet 20 Tahun

sumber;internet

TOKYO - Jepang dikenal inovatif dalam segala hal. Meski demikian mereka juga tak segan untuk merangkul resep-resep tradisional mereka di masa ini.

Salah satu resep yang kembali terpikirkan untuk diadaptasi adalah resep hoshi atau kareii. Secara harafiah ini diterjemahkan sebagai beras kering. Makanan ini bisa jadi cocok diterapkan sebagai salah satu makanan di tengah pandemi virus corona.

Makanan ini merupakan pendahulu dari beras instan modern. Makanan ini digunakan oleh penyair perjalanan, ninja, dan samurai yang tidak tahu apa-apa tentang pendinginan, itu konon memiliki masa simpan 20 tahun.

Proses membuatnya juga tak sulit. Awalnya beras ini harus dimasak seperti biasa. Setelah matang, nasi dicuci untuk menghilangkan sisa-sisa pati yang lengket.

Nasi ini kemudian diletakkan di atas wadah dan dikeringkan dalam oven dengan suhu 100-110 derajat celcius selama satu setengah jam.

Dalam percobaan yang dilakukan oleh Sora 24 pada 2017 lalu. Sesaat setelah dibuat, nasi kering ini langsung dihidrasi dan tentu saja kembali seperti semua.

Pada Maret 2020, tiga tahun setelah disimpan, nasi kering ini kembali diuji. Hoshi atau nasi kering ini 'diseduh' atau diberi air panas dan didiamkan selama setengah jam. Hoshi kembali seperti semangkuk nasi biasa. Tentu saja rasanya tak sebanding dengan nasi yang baru dimasak tapi juga tak buruk.

Ini bisa digunakan seperti nasi biasa juga, dimasak menjadi risotto atau sup atau dibumbui dan disajikan dengan bumbu ringan.

Orang Indonesia mungkin tak asing lagi dengan hal ini. Sekilas ini menyerupai karak nasi. Hanya saja ada beberapa perbedaan, salah satunya adalah nasi karak Indonesia dibuat dari sisa masak nasi yang menempel di panci atau di magic jar ataupun nasi sisa.

Selain itu, nasi ini juga tidak dipanggang dalam oven melainkan dijemur di atas genteng rumah dan dikeringkan dengan sinar matahari. Setelah kering, nasi karak tak akan diolah kembali menjadi nasi lembut melainkan digoreng tipis menjadi kerupuk karak nasi.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...