Trashod

Ternyata Rendang Bukan Nama Masakan, Ini Makna Sebenarnya

sumber;internet

PADANG - Acara Nusantara Marandang memang sudah berlalu, namun masih banyak hal tentang randang atau lebih dikenal sebagai rendang yang belum banyak diketahui. Randang atau rendang sebenarnya bukanlah nama masakan.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat Andre Setiawan mengungkapkan sedikit dari begitu banyak fakta tentang rendang yang tak diketahui banyak orang. Salah satunya adalah makna di balik kata randang atau rendang itu sendiri.

Randang atau rendang menurut Andre, sebenarnya merupakan sebuah proses memasak sama seperti menggoreng atau menumis. Jadi randang yang selama ini dikenal sebagai hidangan lezat di rumah makan Padang, sebenarnya di daerah asalnya bukan nama makanan, melainkan proses membuat hidangan tersebut.

"Randang itu proses dari marandang. Proses karamelisasi dari basah (disebut) gulai, kalio itu setengah matang sampai matang disebut randang," kata Andre, beberapa waktu lalu.

Biasanya masyarakat Minang akan memasak randang dengan menggunakan kayu bakar. Kemudian menggunakan wajan khusus supaya matangnya meresap hingga bagian dalam, sekaligus memberi rasa yang berbeda pada masakan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...