Life

6 Hal yang Membatalkan Puasa, Apa Saja?

sumber;internet

JAKARTA - Bulan Ramadhan akan tiba dalam hitungan hari. Meskipun di tengah pandemi corona namun semangat kita untuk menyambut bulan Ramadhan haruslah tinggi. Karena di bulan yang penuh berkah ini seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya. 

Supaya puasa kita semakin berkah dan berjalan lancar. Kamu harus ketahui dulu apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Ada 6 hal yang dapat membatalkan puasa:
1. Sengaja Makan dan Minum
Berpuasa artinya menahan makan dan minum. Sehingga ketika kita sengaja makan dan minum, maka batal puasa kita. Akan tetapi berbeda dengan jika makan dan minum yang dilakukan dalam keadaan lupa. Maka makanan tidak membatalkan puasanya.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa lupa ketika puasa lalu dia makan atau minum, maka teruskan saja puasanya. Karena sesungguhnya Allah telah memberinya makan dan minum." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Sengaja Muntah
Sengaja memuntahkan sesuatu yang telah dimakannya itu juga membatalkan puasa. Akan tetapi muntah itu tidak membuat puasanya batal jika ia muntah karena dorongan dalam diri karena sakit yang tidak ia sengaja.

Nabi SAW juga menginformasikan:

"Orang yang muntah tidak perlu mengqadha' tetapi orang yang sengaja muntah wajib mengqadha." (HR. Abu Daud, Tirmizy, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

3. Berhubungan Badan (Jima')
Jima' alias berhubungan badan walaupun tidak menyebabkan keluarnya air mani, ini tetap juga dapat membatalkan puasa.

Allah SWT berfirman:

"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu. Mereka adalah pakaian bagimu dan kamupun adalah pakaian bagi mereka." (QS. Al-Baqarah: 187)

4. Sengaja Mengeluarkan Sperma
Keluarnya air mani atau sperma dengan sengaja termasuk sesuatu yang disepakati oleh ulama sebagai hal yang membatalkan puasa. Namun keluarnya air mani itu dengan syarat, ada sentuhan dan juga disengajakan.

5. Memasukkan Sesuatu ke Rongga Tubuh
Salah satu hal yang juga membatalkan puasa adalah dengan memasukkan sesuatu ke dalam rongga tubuh yang terbuka dan masuknya dengan disengaja. Ada tujuh lubang rongga terbuka dalam tubuh yang jika dimasukkan sesuatu ke dalamnya bisa membatalkan puasa.

Mulai dari lubang mulut, 2 lubang hidungm 2 lubang telinga, hingga lubang kemaluan depan dan belakang.

Rasulullah SAW bersabda:

"Ber-mubalaghah (serius) lah dalam membersihkan hidung (ketika wudhu) kecuali jika kau dalam keadaan puasa." (HR. Abu Daud dan Al-Hakim juga lbn Abi Syaibah).

6. Keluarnya Darah Haid dan Nifas
Seorang wanita yang sedang puasa ketika siang hari tiba-tiba keluar darah haidnya maka puasanya batal. Dan dia wajib mengganti atau mengqadha puasanya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Dari Abi Said Al-Kudhri ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Bukanlah bila wanita mendapat haid dia tidak boleh sholat dan puasa ". (HR. Muttafaq'alaihi).

Enam hal yang bisa membatalkan puasa ini Tim Hikmah rangkum dari Kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam An Nawawi, dan Kitab Al-Lulu wal Marjan karya Muhammad Fuad Abdul Baqi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...