News

Ternyata Dinsos Riau Baru Verifikasi Data Calon Penerima Bantuan Rp300 Ribu per KK Terdampak Covid-1

sumber;internet

PEKANBARU - Dinas Sosial (Dinas) Provinsi Riau ternyata masih sedang melakukan verifikasi calon penerima bantuan masyarakat terdampak virus Corona (Covid-19). Nantinya mereka akan menerima bantuan sebesar Rp300 ribu per Kepala Keluarga (KK).

Demikian diutarakan Kepala Dinsos Provinsi Riau, Dahrius Husin seperti yang diwartakan cakaplah.com. Dia mengatakan, pihaknya telah menerima data usulan calon penerima bantuan itu dari kabupaten/kota.

"Kami saat ini masih melakukan verifikasi data usulan dari kabupaten/kota. Beberapa banyak usulan yang masuk, itu yang kami verifikasi," kata Dahrius, Senin (27/4/2020) di Pekanbaru. 

Verifikasi itu salah satunya memastikan rekening penerima masih aktif, yang selama ini sudah masuk dalam bantuan sosial pangan. Sebab bantuan dari Pemprov Riau juga akan disalurkan melalui rekening.

"Jadi tim sedang melakukan verifikasi itu. Kita berharap dalam waktu dekat ini sudah selesai semua, sehingga bantuan bisa didistribusikan kepada masyarakat terdampak Corona," harapnya.

Dahrius menjelaskan, sebelumnya Pemprov Riau akan memberikan bantuan tunai kepada masyarakat terdampak Covid-19. Namun ternyata saat ini masyarakat yang akan diberikan bantuan tunai dari provinsi juga sudah mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial.

"Makanya bantuan tersebut kita dialihkan untuk masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Kalau kita berikan kepada masyarakat yang sudah dapat itu, nanti jadinya tumpang tindih," paparnya.

Untuk itu, sebut Dahrius, bantuan dari Pemprov Riau akan dialihkan dalam bentuk bantuan top up. Dimana Pemprov Riau akan menambah bantuan kepada masyarakat yang dinilai tidak cukup, seperti masyarakat yang selama ini hanya mendapatkan bantuan sosial pangan sebesar Rp200 ribu dari pusat.

"Bantuan sosial pangan ini diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu, pekerja kecil, buruh dan lainnya. Kalau biasanya, mereka masih bekerja dan bantuan Rp200 ribu itu untuk menyokong saja. Tapi karena saat ini banyak yang tidak bekerja karena Covid-19, maka bantuan itu ditambah bantuan Pemprov Riau melalui program top up tadi," terangnya.

"Kalau ada tambahan Rp300 ribu dari Pemprov Riau, maka masyarakat tersebut total akan mendapatkan dana Rp500 ribu. Untuk penerima bantuan ini, kita masih melakukan verifikasi data yang dikirim kabupaten/kota," terangnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...