Sport

Akibat Corona, Klub Maradona Selamat dari Degradasi

BUENOS AIRES - Klub yang dilatih Diego Maradona, Gimnasia La Plata, selamat dari ancaman degradasi setelah Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) menghentikan kompetisi Liga Argentina di semua level sebagai akibat dari pandemi virus corona.

Liga Super Argentina sebagai kompetisi paling elite baru menggelar pertandingan hingga pekan ke-23, dengan Boca Juniors sebagai pemuncak klasemen sementara. Sedangkan divisi di bawahnya, Primera Nacional baru sampai pekan ke-21.

Dengan penyetopan tersebut, Gimnasia La Plata yang pada klasemen akhir berada di peringkat ke-19 dari 24 peserta selamat dari ancaman degradasi.

Dalam 23 pertandingan, Gimnasia hanya meraih 23 poin hasil dari enam kemenangan dan 10 kekalahan. El Lobo, julukan Gimnasia, juga hanya meraih dua kemenangan dari lima pertandingan terakhir di Liga Super sebelum kompetisi ditangguhkan karena Corona.

"Semua kompetisi telah berakhir, dan besok keputusan ini akan disahkan oleh komite eksekutif, yang dilakukan melalui konferensi jarak jauh," ujar Presiden AFA, Claudio Tapia, kepada TNT Sports dikutip dari Football Italia.

Meski demikian, dalam keterangannya itu Tapia mengindikasikan keputusan tersebut tidak bersifat permanen. Liga Argentina musim ini masih bisa dilanjutkan jika mendapatkan rekomendasi dari pihak berwenang terkait wabah Covid-19 ini.

"Kami hanya akan kembali ke lapangan ketika otoritas kesehatan memberikan lampu hijau. Singkatnya, kami hanya akan bermain ketika waktunya tepat," ucap Tapia.

Selain Gimnasia La Plata, tiga tim terbawah: Aldosivi, Colon, dan Godoy Cruz juga dipastikan tidak akan terdegradasi pada musim depan. Dalam menghentikan kompetisi musim ini, AFA juga menunda pendegradasian tim selama dua musim ke depan.

Meski tidak ada degradasi dari Liga Super, AFA memberikan kebijakan lain dengan tetap memberikan promosi kepada dua tim teratas dari Primera Nacional. Pada musim 2020/2021 peserta di Liga Super menjadi 26 tim sedangkan di musim 2021/2022 menjadi 28 tim.

Sementara itu, Boca Juniors yang jadi pemuncak klasemen dinyatakan sebagai juara sejak Maret lalu sebelum kompetisi dihentikan. Di pertandingan terakhir, Boca Juniors mengalahkan Gimnasia La Plata 1-0 lewat gol Carlos Tevez di menit ke-72.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...