News

Bantuan Sembako Covid-19 Belum Datang, Ternyata Data Banyak Belum Masuk

sumber;internet

PEKANBARU - Bantuan Sembako dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Kota Pekanbaru belum tuntas. Ternyata, sejauh ini baru 42 kelurahan yang mengajukan data calon penerima. Sementara 41 kelurahan lainnya belum mengajukan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru Chairani mengungkapkan, dari 42 kelurahan yang sudah menyampaikan data, 17 kelurahan sudah menerima bantuan. Lima kelurahan di luar 17 kelurahan itu menolak bantuan yang diberikan.

"Yang menolak ini kan hanya karena miss komunikasi saja. Tapi ini akan kita tindak lanjuti lagi. Sepanjang belum ada surat resmi, kita anggap mungkin masih kita upayakan untuk mediasi," kata Chairani.

Menurutnya, tidak sesuai jumlah Sembako dengan angka penerima bukan serta merta data yang diajukan hilang. Data tersebut diurut dan diranking sesuai dengan data yang disampaikan.

"Mereka itu ngajukan besar-besar, seperti Kelurahan Simpang Baru, 2.500 KK mengajukan, sedangkan kemampuan negara di angka 261 KK. Artinya baru tahap pertama yang bisa kita akomodir untuk membantu," jelasnya.

Lanjutnya, terhadap sisa yang lain, ini kan secara bertahap, Dinsos akan coba untuk maksimalkan di bantuan keuangan negara. "Itu tidak akan hilang, mereka menganggap bahwa data mereka hilang, dipotong segala macam," jelasnya.

Jika dipaksakan masuk 2.500 KK, keuangan tidak memungkinkan. "Bagaimana dengan kecamatan lain. Tidak mungkin juga secara keseluruhan untuk satu kecamatan," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana tim melakukan perangkingan. Pihaknya mengambil KK yang berpenghasilan Rp2 juta ke bawah. Angka itu dihitung dari pengeluaran satu orang di bawah Rp500 ribu per kapita, dikali jumlah rumah tangga dengan asumsi ayah ibu dan dua anak.

"Dikali 4, anggaplah gajinya 2 juta ke bawah, ini yang kita prioritaskan. Ngitungnya bukan gajinya, tapi kebutuhan per kapita satu orang Rp500 ribu itu pengeluarannya. Jadi asumsi per kapita per bulan pengeluarannya, Rp500 dikali jumlah, dengan hitungan rata-rata dalam rumah tangga itu ada empat orang, suami istri dan dua anak," jelasnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...