News

Begini 'Rencana' Proses Belajar Mengajar di Sekolah Saat New Normal Pekanbaru

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Saat pemberlakuan penetapan New Normal nanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan mengatur beberapa aspek kehidupan masyarakat Pekanbaru. Termasuk aturan yang harus dijalankan pihak sekolah di Ibukota Provinsi Riau itu.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, saat ini masih menunggu aturan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI seperti apa aturan di dunia pendidikan saat new normal diberlakukan. Namun, Disdik menyiapkan konsep sebelum new normal diberlakukan sepenuhnya.

"Dari kementerian belum menyampaikan dan nanti itu, nantinya juga tergantung dari Satgas Covid. Akan tetapi, kita juga menyiapkan ancang-ancang dan nanti akan kita sampaikan kepada Walikota," kata Jamal, Jumat (29/5/2020).

Nantinya, akan ada dibuat konsep terlebih dahulu. Konsep yang utama dalam dunia pendidikan di Pekanbaru akan tetap menerapkan protokol kesehatan. Disdik akan membuat SOP untuk pelaksanaan tersebut di antaranya para peserta didik harus menggunakan masker di lingkungan sekolah, pemeriksaan suhu badan, menyediakan tempat menyuci tangan.

"Untuk di dalam ruangan, kapasitas ruangan belajar itu 40 orang. Akan tetapi, untuk melaksanakan jaga jarak maka hanya bisa diisi 20 orang saja. Kami akan mengajukan kepada pak wali untuk melaksanakan belajar setengah saja yakni sehari di sekolah dan sehari di rumah," jelasnya.

Lanjutnya, pelaksanaan belajar di rumah itu, nantinya tidak melalui daring lagi melainkan pada saat pelaksanaan tatap muka atau di akhir pelajaran para guru memberikan tugas yang harus dikerjakan di rumah tanpa harus ke sekolah. Kemudian, di hari berikutnya pekerjaan rumah yang diberikan akan dibahas lagi di sekolah.

"Pembelajaran, nantinya akan kita laksanakan dengan membatasi jamnya yang mana kita menyarankan dari 08.00 pagi hingga sebelum zuhur," jelasnya.

Kata dia, yang jelas pelajaran olahraga ditiadakan pada tahap awal ini dan nantinya Disdik akan meminta kepada pihak sekolah untuk melaksanakan penyemprotan lingkungan sekolah. "Alhamdulillah sudah kita sampaikan kepada pak wali hal itu dan saat ini sedang dikaji untuk bantuan alat cek suhu," kata dia.

Perbatasan jam belajar itu, diharapkan nantinya juga para pedangang yang berjualan di kantin dan di luar lingkungan sekolah untuk tidak berjualan dahulu demi menghindari berkumpul. Disdik juga akan menyarankan kepada peserta didik untuk membawa bekal dari rumah saja.

"Kita tetap menunggu dari kemendikbud. Akan tetapi kita sudah siap melaksanakannya. Terkait dengan PPDB, kita juga berharap dapat melaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada," jelasnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...