Hukrim

Monyet Penyerang Balita di Samarinda Ditangkap

Ilustrasi.(sumber;internet)

SAMARINDA - Quin, balita berumur tiga tahun di Samarinda, Kalimantan Timur, diserang monyet liar saat bermain di depan rumahnya. Monyet yang menyerang Quin kini telah ditangkap oleh petugas gabungan.

Penyerangan itu terjadi pada Selasa (9/6/2020). Tak hanya menyerang balita, monyet itu juga memangsa seekor anak kucing dan mengejar sejumlah orang yang lewat. Monyet yang menyerang balita ditangkap petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Samarinda dan Relawan Animal Rescue Samarinda.

"Kita terpaksa memotong pohon kecil untuk mempersempit ruang gerak monyet itu, dan benar saja monyet itu akhirnya berhasil kita tangkap setelah masuk ke dalam jaring yang telah kita pasang," kata Koordinator Relawan Animal Rescue Samarinda, Akmal.

Monyet itu langsung diamankan petugas BKSDA untuk kemudian dilepasliarkan di hutan Kalimantan Timur. Namun, sebelum dilepasliarkan akan diberi perawatan karena tangan sebelah kiri monyet itu mengalami luka akibat sabetan senjata tajam dari warga.

"Parah atau tidak masih akan dilihat dulu oleh tim dokter BKSDA, tadi saat di kotak monyet itu sudah tidak sadar karena pengaruh obat biusnya bekerja," ucap Akmal.

Monyet penyerang balita itu diduga pernah dipelihara. Setelah ditangkap, monyet tersebut memiliki bekas kalung.

"Monyet ini lama dipelihara orang, terbukti di lehernya terdapat bekas kalung, dan saat ini dia berhasil melarikan diri atau memang sudah dilepas," ujar Akmal.

"Ini jelas monyet peliharaan lepas yang kelaparan, karena di sini merupakan kawasan perumahan yang memang tidak ada pakan yang biasa menjadi makanan monyet liar," jelas Akmal.

Sebelumnya, Quin, balita berumur tiga tahun di Samarinda, Kalimantan Timur, diserang monyet liar saat bermain di depan rumahnya. Korban sempat dibawa ke puskesmas karena mengalami luka pada bagian kepala dan tangan.

Tak hanya menyerang balita, monyet itu juga memangsa seekor anak kucing dan mengejar sejumlah orang yang lewat. Tetangga korban, Arita, melihat monyet tersebut sejak Senin (8/6). Monyet itu sempat berputar-putar di permukiman hingga pada siang hari menyerang seorang balita.

"Tadi monyet itu mulai mendekati anak-anak, saya melihat 3 anak yang bermain di depan rumah langsung saya suruh masuk ke dalam rumah, saya tidak tau ternyata Quin menyusul kakaknya yang telah saya bawa masuk ke dalam rumah dan akhirnya dia yang diserang," kata Arina.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...