Bencana

Puting Beliung Hantam Yogyakarta, 47 Rumah dan 2 Kampus Rusak

Angin puting beliuang yang menerpa Yokyakarta membuat pohon-pohon tumbang. (sumber;internet)

YOKYAKARTA - Angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah di DIY, Selasa (24/4/2018) siang. Dua wilayah yaitu Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul menjadi wilayah terparah yang terdampak terjangan angin puting beliung tersebut.

Berdasarkan laporan tertulis yang diterima dari Pusdalops BPBD DIY, hingga pukul 18.00 WIB tercatat 13 rumah di Kota Yogyakarta mengalami kerusakan. Kerusakan ini terjadi di wilayah Balerejo RT 50 RW 05, Muja muju Kecamatan Umbulharjo.

"Laporan sementara di Kota Yogyakarta yang masuk terdapat rumah rusak di Gendeng RW 18,19, 20 Gondokusuman, tiang telepon tertimpa pohon tumbang di Perum Timoho Asri II No.53,. Kemudian di Balerejo RT 50 RW 05, Muja muju Kec. Umbulharjo dampak 13 rumah (2 rusak berat, 1 rusak sedang, 10 rusak ringan) dan pohon tumbang di Kampus STPMD APMD Baciro Gondokusuman," ujar Supervisor Pusdalops BPBD DIY, Antonius Sri Wahyuno dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/4).

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Bantul, kata Antonius puluhan rumah mengalami kerusakan. Total ada 34 rumah rusak akibat terjangan angin puting beliung di wilayah Kabupaten Bantul.

"Di Kabupaten Bantul, 11 rumah rusak ringan-sedang di Sorowajan RT 02/RW 08 Banguntapan, 23 rumah rusak sedang-ringan di Sorowajan RT 03/RW 08 dan di RT 07/RW 10," terang Antonius.

Selain itu dua kampus dilaporkan juga mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi di STPMD APMD yang berada di Baciro, Kota Yogyakarta. 5 buah pohon tumbang dan menimpa sejumlah bangunan di kampus tersebut.

"Kerusakan juga dilaporkan terjadi di Kampus STMIK AKAKOM Karang Jambe No.143 Banguntapan Bantul. Atap ruang kelas A12 mengalami kerusakan karena asbes beterbangan dan jatuh di atap kelas tersebut," tutur Antonius.

Antonius menjabarkan penanganan terhadap dampak angin puting beliung dilakukan dengan melibatkan berbagai personel dari TRC BPBD DIY, TRC BPBD BANTUL dan TRC BPBD Kota Yogya. Tim kemudian mendirikan Pos Aju pukul 16.00 WIB di GOR SKB Sorowajan untuk memudahkan penanganan.

"Pembersihan puing dan pohon tumbang sudah dilakukan. Selain itu BPBD juga menyiapkan Dukungan terpal sebanyak 30 lembar untuk warga yang atap rumahnya mengalami kerusakan setelah diterjang angin puting beliung," tutup Antonius.*

 



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...