News

AS, Inggris, dan Kanada Tuding Rusia Curi Riset Vaksin Corona

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada menuduh Rusia mencoba meretas sejumlah laboratorium mereka untuk mencuri penelitian vaksin virus corona (Covid-19).

Ketiga negara itu menuduh sekelompok peretas yang memiliki hubungan dengan Kremlin mencoba meretas lab-lab mereka yang tengah melakukan penelitian vaksin corona.

Ketiga negara itu mengatakan kelompok peretas yang disebut APT29 "hampir pasti" terkait dengan intelijen Rusia. National Cyber Security Centre (NCSC) Inggris dan Lembaga Keamanan Komunikasi Kanada (CSE) mengatakan APT29 adalah "kelompok spionase dunia maya yang hampir pasti bagian dari dinas intelijen Rusia."

Dalam pernyataan bersama Kanada dan Inggris itu, kedua negara mengklaim tudingan mereka juga didukung oleh AS.

"Sepanjang tahun 2020, APT29 telah menargetkan berbagai organisasi yang terlibat dalam pengembangan vaksin corona di Kanada, AS, dan Inggris, sangat mungkin dengan maksud mencuri informasi dan kekayaan intelektual yang berkaitan dengan pengembangan dan pengujian vaksin Covid-19," bunyi pernyataan Kanada dan Inggris itu seperti dikutip AFP pada Jumat (17/7/2020).

Ottawa dan London mengatakan kelompok peretas itu kemungkinan akan terus menargetkan organisasi yang terlibat penelitian dan pengembangan vaksin corona.

Direktur operasional NCSC Paul Chichester mengatakan kelompok APT29 menggunakan serangkaian teknik termasuk malware untuk mencuri informasi-informasi tersebut.

Melalui pernyataan terpisah, Badan Keamanan Nasional AS kembali menuding bahwa APT29 menggunakan berbagai alat dan teknik untuk menargetkan lembaga pemerintah, diplomatik, kelompok think-thank, kesehatan, dan energi untuk keuntungan intelijen Rusia.

Rusia segera membantah tudingan ketiga negara tersebut. Meski begitu, tuduhan ini muncul tak lama setelah Moskow mengumumkan bahwa Negeri Beruang Merah berhasil mengembangkan vaksin corona dan telah lolos uji tes klinis.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...