Trashod

5 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis Daging pada Peralatan Masak

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Daging kambing dan sapi merupakan dua bahan makanan yang kerap diolah saat Hari Raya Idul Adha. Meski memiliki cita rasa yang sedap, namun kedua bahan makanan itu kerap meninggalkan lemak dan bau amis pada peralatan masak.

Bau amis pada peralatan masak memang sulit untuk dihilangkan, padahal mungkin Anda sudah mencucinya berkali-kali. Apalagi jika peralatan masak Anda berbahan plastik, biasanya bau itu akan menempel cukup lama dan terkadang memengaruhi cita rasa makanan selanjutnya.

Namun jangan khawatir, sebab masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda temui di rumah.

Supaya tidak bingung, berikut cara menghilangkan bau amis pada peralatan masak dengan bahan alami, seperti dikutip dari Times of India.

1. Menghilangkan bau amis dengan bubuk kopi

Bubuk kopi telah lama dimanfaatkan untuk mengatasi bau tak sedap. Salah satunya untuk menghilangkan bau amis pada peralatan masak. Cara menghilangkan bau amis dengan bubuk kopi juga terbilang mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Rendam peralatan masak dengan campuran bubuk kopi dan air panas, diamkan selama 20 menit, cuci bersih alat masak tersebut dengan air dan sabun pencuci piring

2. Menghilangkan bau amis dengan kayu manis

Selain bubuk kopi, Anda juga bisa memanfaatkan kayu manis. Kayu manis sendiri adalah bumbu dapur yang dikenal ampuh dalam menangkal bau amis pada peralatan masak. Bagi Anda yang tertarik menggunakan bahan ini, berikut cara-caranya:

Rendam peralatan masak dengan campuran kayu manis dan air panas, diamkan selama 5 menit, biarkan hingga dingin. Cuci bersih alat masak tersebut dengan air dan sabun pencuci piring

3. Menghilangkan bau amis dengan lemon dan garam

Untuk menghilangkan bau amis pada peralatan masak berbahan plastik, Anda bisa menggunakan bahan alami dari lemon dan juga garam halus. Selain bisa menghilangkan bau amis, ternyata lemon juga bisa mengangkat lemak membandel yang menempel pada peralatan masak. Simak cara-caranya berikut ini:

Siapkan 2-3 buah lemon, lalu potong hingga menjadi dua bagian. Oleskan potongan lemon tadi ke dalam garam, lalu gunakan untuk menggosok peralatan masak yang berbau amis. Pastikan Anda menggosok semua bagian dengan benar. Biarkan selama 15-20 menit. Cuci bersih alat masak tersebut dengan air dan sabun pencuci piring

4. Menghilangkan bau amis dengan cuka putih

Tak hanya menjadi penyedap rasa pada berbagai jenis makanan, ternyata cuka putih juga bisa menjadi pembersih yang cukup baik untuk menghilangkan bau amis pada peralatan masak. Cara menghilangkan bau amis dengan cuka putih juga terbilang mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Rendam peralatan masak dengan campuran cuka putih dan air panas, diamkan selama 10-15 menit, cuci bersih alat masak tersebut dengan air dan sabun pencuci piring.

5. Menghilangkan bau amis dengan ampas teh
Aroma teh yang menenangkan ternyata bisa menyerap bau tanpa meninggalkan aroma menyengat. Jika Anda tertarik menggunakan cara ini, cobalah manfaatkan ampas teh yang tak terpakai di rumah. Berikut cara menghilangkan bau amis pada peralatan masak dengan menggunakan ampas teh:

Rendam peralatan masak dengan campuran ampas teh dan air panas, diamkan selama 20 menit, cuci bersih alat masak tersebut dengan air dan sabun pencuci piring.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...