News

Wawako Pimpin Apel Gelar Pasukan Penerapan Perwako 130

PEKANBARU - Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru H, Ayat Cahyadi, S.Si, memimpin apel gelar pasukan penerapan Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 130 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perwako Nomor 104 Tahun 2020 tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru (PHB) di halaman MPP Jalan Jenderal Sudirman, Senin (14/9/2020).

Disampaikan wawako, melalui apel tersebut pemerintah kota akan kembali melakukan razia bagi pelanggar protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan wabah Covid-19 yang kini kembali melonjak.

Dalam razia selanjutnya, tim gabungan penegakan hukum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru akan lebih fokus memberikan sanksi tegas kepada pelanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Jadi, saat ini kita fokus pemberian sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan, khususnya yang tidak pakai masker," ungkap wawako.

Pemberian sanksi, sebut wawako, diharapkan mampu kembali mendisiplinkan masyarakat yang kini sudah mulai abai dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Dari laporan Kepala Satpol PP Pak Gurning, saat ini sejumlah masyarakat kita masih ada yang abai, cuek," ucapnya.

Wawako mengaku sangat menyayangkan sikap sejumlah masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Karena hal itu dikhawatirkan dapat memicu terus melonjaknya sebaran wabah Covid-19.

"Dulu di awal-awal Maret, saat virus mulai mewabah, kena satu orang saja kita sudah takut. Sampai kita terapkan PSBB tiga kali berturut-turut dan Alhamdulillah itu bisa menekan sebaran Covid. Bahkan di akhir PSBB tahap ketiga, itu sampai tidak ada kasus," paparnya.

"Namun setelah adaptasi kebiasaan baru, (virus) mulai mewabah lagi. Padahal, adaptasi kebiasaan baru ini bukan kita tidak pakai masker lagi. Silahkan bekerja, silahkan buka toko, silahkan berusaha. Hanya kita minta terapkan protokol kesehatan," ulasnya.

"Tapi ternyata masih ada yang abai, sehingga sekarang angka yang terpapar sudah banyak sekali. Sampai rumah sakit rujukan covid, sudah ada yang penuh," lanjut wawako.

Untuk itu, pemerintah kota menilai perlu dilakukan kembali penindakan-penindakan hingga pemberian sanksi tegas bagi pelanggar protokol kesehatan dengan harapan sebaran wabah bisa kembali dikendalikan.

"Karena itu perlu kembali ditegaskan bagaimana pentingnya masyarakat kita bisa kembali disiplin. Jadi saya ajak masyarakat, mari tetap kita bekerja, tetap produktif, tapi jangan lupa pakai masker terutama ketika keluar rumah, jaga jarak dan jangan lupa berdoa," pesan wawako.(Adv)



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...