Dunia

Hidangan Penutup di KTT Korsel-Korut Diprotes Jepang

Pulau-pulau yang diperebutkan ditampilkan secara menonjol di hidangan penutup dalam pertemuan puncak Korsel-Korut. (Getty Images)

TOKYO - Kementerian Luar Negeri Jepang menyampaikan 'protes keras' atas rencana menyajikan hidangan penutup berupa mango mousse atau puding mangga dalam pertemuan puncak antara pemimpin KoreaUtaraKim Jong-un dan Presiden KoreaSelatanMoonJae-in, Jumat (27/4/2018) mendatang.

Hidangan penutup yang terbuat dari krim dengan rasa mangga tersebut dipersoalkan karena dihiasi dengan peta pulau-pulau yang dikuasai oleh Korea Selatan tetapi juga diklaim oleh Jepang.

Menu untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antara pemimpin kedua Korea di Panmunjom, zona bebas militer yang menjadi pembatas kedua negara, dipilih secara teliti. Menu mencakup jenis-jenis makanan baik dari Korea Selatan sebagai tuan rumah maupun dari Korea Utara.

Kursi yang akan diduduki oleh Moon Jae-in dan Kim Jong-un dihiasi dengan peta pulau-pulau diperebutkan antara Korea Selatan dan Jepang. (Getty Images)

Di samping itu, panitia akan menyajikan hidangan kentang ala Swiss. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un diyakini pernah bersekolah di Swiss. KTT itu akan menjadi pertemuan puncak pertama kedua Korea selama lebih dari satu dekade terakhir. Acara itu akan dilanjutkan dengan pertemuan antara King Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bulan Mei atau Juni.

Hubungan antara kedua Korea membaik menjelang dan setelah Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang Februari lalu. Partisipasi atlet dan tim pemandu sorak dari Korea Utara meramaikan perhelatan olahraga tersebut.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...