News

Nadiem Makarim Jadi Mendikbudristek, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi

sumber;internet

JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi mengangkat dan melantik Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), sementara Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi.

Sebelumnya Nadiem menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah dilakukan peleburan dengan Kementerian Riset dan Teknologi, Presiden Jokowi tetap mempertahankan jabatan Nadiem Makarim.

Sementara itu Bahlil Lahadalia sebelumnya menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Nadiem dan Bahlik dilantik pada Rabu (28/4/2021) sore.

Pelantikan itu turut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin hingga para menteri lain seperti Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, hingga Menko PMK Muhadjir Effendy.

Pelantikan didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 71P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, dan Keppres RI Nomor 19M2021 tentang Pengangkatan Kepala BRIN.

Berikut profil dari kedua Menteri itu sebagai berikut :

1. Nadiem Makarim

- Lahir di Singapura pada 4 April 1984.

- Lulusan Brown University dan meraih gelar MBA di Harvard University.

- Nadiem memulai kariernya di McKinsey & Company sebagai konsultan manajemen di Jakarta.

- Pada 2010, Nadiem menciptakan perusahaan decacorn yang dikenal dengan nama Gojek. Saat ini, Gojek telah berubah menjadi super app yang menyediakan lebih dari 20 layanan.

- Pada 2016 Nadiem menerima penghargaan The Straits Times Asian of the Year dan merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut sejak pertama kali didirikan pada 2012.

- Nadiem juga berhasil masuk ke daftar inovator tahunan Bloomberg 50 pada 2018. Bloomberg menilai bahwa tidak ada platform teknologi lain (aplikasi) yang mengubah kehidupan orang Indonesia secepat dan seintegrasikan Gojek.

- Pada 2017, Gojek juga berhasil masuk ke 50 Perusahaan Teratas Fortune yang Mengubah Dunia dan mendapat peringkat ke 17 di seluruh dunia.

- Pada 2019, Gojek sekali lagi berhasil masuk ke 50 Perusahaan Top Fortune yang Mengubah Dunia, dan merupakan satu-satunya perusahaan Asia Tenggara yang dimasukkan dua kali dalam daftar - tahun ini melonjak ke peringkat 11 dari 52 perusahaan global.


2. Bahlil Lahadalia

- Pria kelahiran Banda, Maluku 7 Agustus 1976

- Saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

- Menempuh pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay, Jayapura, Papua.

- Sebelum menjadi Kepala BKPM, Bahlil pernah menjadi karyawan di bank selama enam bulan

- Saat sekolah menengah, ia sempat menjadi kondektur hingga part time menjadi sopir angkot.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...