Dunia

Petugas Kebersihan Korsel Temukan Batang Emas Rp4,5 M di Tempat Sampah

Ilustrasi emas. (sumber;internet)

SEOUL – Seorang petugas kebersihan di Korea Selatan mungkin akan menjadi seorang jutawan setelah menemukan batangan emas di dalam tempat sampah.

Berdasarkan laporan Korea Times yang dilansir BBC, Rabu (2/5/2018), petugas kebersihan itu menemukan tujuh batang emas dengan nilai total mencapai 350 juta won (sekira Rp4,5 miliar) saat mengosongkan tempat sampah di Bandara Internasional Incheon pada 26 April.

Batangan-batangan emas yang masing-masing memiliki berat 1 kilogram itu dibungkus dengan kertas koran dan polisi curiga pemiliknya membuat benda itu karena khawatir tertangkap.

Saat ini, tidak ada bukti bahwa emas itu memiliki hubungan dengan aktivitas kriminal. Jika tidak ada yang ditemukan, petugas kebersihan, yang namanya belum diungkap oleh media, akan dapat mengajukan klaim substansial atas barang tersebut.

Korea Selatan menjalankan undang-undang "Yang Menemukan yang Menyimpan" terkait barang yang ditemukan ketika pemiliknya tidak diketahui.

Menurut Undang-undang Barang Hilang, jika pemilik tidak datang untuk mengklaim batang-batang emas itu dalam waktu enam bulan, petugas kebersihan itu akan dapat mengklaim kepemilikan.

Namun, Korea Times mengatakan bahwa, meski mereka akan menjadi pemilik sah, mereka hanya akan dapat mengklaim antara 5-20 persen dari total harga emas, maksimal 70 juta won (sekira Rp911 juta) berdasarkan hukum. Tidak dijelaskan apakah polisi atau pemerintah akan mengamankan sisanya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...