Tips & Trik

Ini Ancaman Parkir Mobil di Bawah Pohon Rindang 

Ilustrasi mobil diparkir di bawah pohon. (sumber;internet)

JAKARTA - Masih banyak pemilik kendaraan roda empat yang memilih parkir di bawah pohon yang rindang. Hal tersebut dilakukan agar kendaraan terhindar dari paparan matahari secara langsung yang pada akhirnya akan berdampak pada memudarnya cat mobil. Namun sebenarnya, hal tersebut malah menimbulkan masalah baru loh, Otolovers. Sebab, kendaraan bakal terkena banyak kotoran yang susah dihilangkan.

Misalnya, kotoran serangga atau burung, getah pohon, sampai buah yang jatuh karena tertiup angin. Kalau sudah terkena hal itu, mobil akan sulit untuk dibersihkan dan bisa membuat bekas yang sangat terlihat di eksteriornya. Begitulah yang dipaparkan oleh CEO Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian.

"Sekarang kan banyak mobil yang diparkirkan di luar rumah dan mayoritas memarkirkannya dibawah pohon yang rindang. Nah ini malah bahaya sebenarnya karena di sana akan ada semut, serangga, burung dari pohon yang buat kotoran. Kita terkadang tidak sadar nih, bahwa ada flek-flek membandel di eksterior mobil. Belum lagi getah pohon dan kotoran burung yang bahaya untuk cat mobil," katanya kepada wartawan di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018,
JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Kalau sudah kena kotoran tersebut khususnya dari burung, sehari saja tidak dihilangkan ini bakal susah hilang. Sekalipun dibersihkan itu ada flek nya. Karena kotoran burung itu jahat sekali. Ketika dia kena, dia nyerap ke dalam," lanjut Sebastian.

Oleh karenanya, dia menyarankan untuk para pemilik dan pengendara mobil agar memarkirkan kendaraan di tempat yang proper. Bilamana harus diparkirkan dibawah pohon, alangkah baiknya untuk menutupi seluruh bagian luar mobil dengan sarung khusus.

"Kalau sudah kena kotoran tersebut, langsung dilap. Jangan malas. Itu problemnya sangat besar sekali. Belum lagi kalau ada binatang yang bertelur di sela-sela eksterior mobil, mobil bakal rusak," ujar Sebastian.

Agar kendaraan tetap cantik meski pengendara atau pemiliknya lalai, tidak jarang mobil sekarang yang menggunakan coating atau pelapis tambahan. Tujuannya, agar mobil gampang dibersihkan dari noda bandel. "Kalau mobil tidak ter-coating catnya bakal rusak. Jadi sekarang cukup banyak juga orang yang pakai coating untuk mobilnya," kata Sebastian.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...