Serba Serbi

Main Handphone saat Bekendara, Di Negara ini SIM anda Langsung Dicabut

Ilustrasi bermain Hp sambil berkendara. (sumber;internet)

NEW DELHI - Demi keselamatan dan kenyamanan berkendara, menggunakan telepon saat memacu kendaraan sangat dilarang. Di Indonesia, jika melakukan hal tersebut bisa dikenakan tiang dan denda sebesar Rp 750 ribu. Namun tidak di negara ini, ketahuan main handphone, SIM anda akan dicabut seumur hidup!

Melansir dari Drivespark, hal tersebut diberlakukan di India. Kebijakan tegas tersebut terpaksa diterapkan karena jumlah kecelakaan di jalanan terus meningkat hingga pada tingkat yang mengkhawatirkan. Penyebab paling banyak adalah karena menggunakan handphone saat berkendara. 

Langkah tegas bagi para pengemudi yang bermain handphone saat dijalanan ini sudah disahkan oleh Hakim Gopal Krishan Vyas dan Ramchandra Singh Jhala. Maka, penyitaaan dan pencabutan SIM kepada pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara memiliki legalitas.

Namun sebelum hal itu dilaksanakan, pengadilan tinggi menginstruksikan kepada RTO dan otoritas departmen transportasi untuk mengadakan sidang sehingga para terdakwa menjelaskan alasan penggunakan handphone saat berkemudi. Bila alasannya tidak diterima, maka SIM akan hilang dari dompet. 

Menurut World Health Organisation (WHO), risiko kecelakaan akan meningkat empat kali lipat setiap pengendara mengeluarkan handphone saat berkemudi. Jumlah korban jiwa karena penggunakan ponsel meningkat ke angka yang mengkhawatirkan di seluruh dunia. Maka tidak heran di beberapa negara peraturannya sangat ketat.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...