News

Papua Nugini Segera Blokir Facebook Sebulan

Ilustrasi masyarakat Papua Nugini. (sumber;internet)
JAKARTA - Dalam waktu dekat, Facebook tidak akan bisa diakses di Papua Nugini. Hal ini diumumkan Pemerintah Papua Nugini guna memblokir Facebook selama sebulan penuh. Pemblokiran ini dilakukan sebagai aksi 'bersih-bersih' dari pengguna dengan identitas palsu di negara tersebut. 
 
Menteri Komunikasi Papua Nugini, Sam Basil, menjelaskan jika pemblokiran tersebut dimanfaatkan oleh tim analisnya untuk riset dan analisis tentang siapa saja yang menggunakan Facebook. 
 
Selain itu, timnya juga akan menguji bagaimana populasi Papua Nugini menggunakan Facebook, serta mencari tahu bagaimana Facebook mempengaruhi rakyat Papua Nugini. 
 
"Masa pemblokiran memungkinkan pengumpulan informasi untuk mengidentifikasi pengguna yang bersembunyi di balik akun palsu. Pengguna yang mengupload gambar yang bersifat pornografi, serta pengguna yang menyebarkan informasi palsu dan menyesatkan di Facebook agar disaring dan dihapus," jelas Basil, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (30/5/2018).
 
"Pemblokiran ini akan memungkinkan pengguna asli dengan identitas asli untuk menggunakan media sosial itu secara bertanggung jawab," tambahnya.
 
Basil juga mengingatkan akan bahaya Facebook yang lebih luas dari ancaman kebocoran data. Bahaya tersebut antara lain mengancam produktivitas penggunanya dan isu keamanan cyber secara umum.
 
Selain itu, Basil juga menimbang rencana Papua Nugini memiliki media sosial sendiri. "Kami juga dapat melihat kemungkinan untuk menciptakan situs media sosial baru untuk digunakan masyarakat Papua Nugini dengan profil yang asli," tutup Basil.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...