Food

Hidangan Vegan ini Menipu, Bentuknya Mirip Daging

Ilustrasi vegetarian. (sumber;internet)

IDNJurnal - Kita mungkin berpikir bahwa menjadi vegetarian atau vegan tidak bisa menikmati berbagai hidangan lezat, mengingat para pelaku hidup sehat tersebut memiliki prinsip untuk tidak mengonsumsi makanan berbahan hewani.

Meski demikian, ada trik khusus untuk menyulap makanan berbasis nabati sehingga memiliki rasa dan aroma menyerupai makanan berbasis hewani. Beberapa di antaranya bahkan bisa diolah menjadi sajian ‘daging imitasi’ dengan rasa yang tidak kalah lezatnya. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Vegan Steak


Agar memanjakan lidah para vegetarian, baru-baru ini toko retail ternama asal Amerika Serikat, Tesco, meluncurkan sebuah produk makanan yang mereka sebut dengan istilah vegan steak. Produk makanan ini digadang-gadang memiliki rasa dan bau seperti daging sapi sungguhan.

Adalah Vivera, sebuah perusahaan makanan asal Belanda yang berhasil menciptakan inovasi unik tersebut. Vegan steak sebetulnya terbuat dari gandum dan kedelai, yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk dan rasa seperti daging steak sungguhan.

Mereka mengklaim bahwa produk makanan ini dapat dinikmati oleh semua orang, mulai dari vegan hingga konsumen yang ingin mengurangi konsumsi daging sapi karena alasan kesehatan, lingkungan, atau etika. Vegan steak rencananya akan diproduksi secara besar-besaran mengingat permintaan pasar terhadap makanan berbasis nabati semakin meningkat.

Kaldu Jamur


Salah satu kunci sukses membuat hidangan berkuah adalah penggunaan kaldu sapi atau ayam yang berfungsi menambah cita rasa gurih pada masakan.

Namun bagaimana bagi yang menerapkan pola hidup vegetarian atau vegan? Tidak perlu khawatir, ternyata ada beberapa jenis sayuran yang bisa disulap menjadi olahan kaldu lezat tanpa menggunakan campuran bahan-bahan hewani. Salah satunya adalah jamur shitake.

Teknik pengolahannya pun terbilang sederhana. Anda hanya perlu merebus jamur bersama daun bawang seledri, wortel, dan bawang bombay, hingga aroma gurih keluar. Setelah itu, kaldu bisa digunakan untuk mengolah berbagai hidangan berkuah. Selain menyuguhkan sensasi gurih, kaldu jamur ini juga cita rasa manis yang menggugah selera.

Daging kedelai


Selain gandum, sayuran yang bisa diolah menjadi sajian ‘daging imitasi’ yang lezat dan menggugah selera adalah kedelai. Bahkan, Menurut Prof. Dr. Made Astawan, seorang ahli kedelai dari IPB, kandungan nutrisi yang terdapat pada kedelai juga tidak kalah sehatnya dengan daging hewani. “Kandungan isolat protein pada kedelai bisa diambil dan diolah menjadi daging tiruan atau imitasi.

Isolat protein ini juga memiliki serat, sehingga rasa dan aromanya hampir mirip dengan daging asli. , jadi para vegetarian maupun vegan bisa menikmati ‘daging’ seperti yang lainnya,” tutur Made Astawan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...