Otomotif

Qute, Kendaraan yang Tak Diakui di Negaranya

Ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, warga Jakarta dibuat heboh dengan kehadiran transportasi umum baru pengganti bajaj oranye, yakni bajaj beroda empat. Kendaraan tersebut dibuat oleh Bajaj dan diberi nama Qute.

Kehadiran Qute di Jakarta adalah sebagai alternatif dari bajaj BBG. Selain memiliki tambahan satu roda, kapasitas penumpangnya juga lebih banyak. Ukurannya yang kecil membuat kendaraan ini mudah menembus kemacetan lalu lintas Jakarta yang terkenal padat.

Namun, ada fakta menarik dari kendaraan yang diimpor dari India itu. Dilansir dari Motoroids, Jumat (8/6/2018), ternyata Qute hingga saat ini belum diakui oleh pemerintah Negeri Hindustan.

Alasannya, belum ada kategori sepeda motor beroda empat di negara tersebut. Meski bentuknya mirip mobil, namun Qute tetap dikategorikan sebagai sepeda motor.

Untungnya, hal itu akan segera berubah. Pemerintah India mengusulkan adanya kategori baru, untuk mewadahi keberadaan kendaraan seperti Qute. Jika sudah ketok palu, maka Qute bebas diperjualbelikan di Negeri Bollywood itu.

Kendaraan yang dirakit di Pune, India itu menggunakan mesin 216 cc dan dapat melaju hingga kecepatan 70 kilometer per jam. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 35 km tiap satu liter bensin.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...