Dunia

Wow! Total Rp3,8 T Harta Najib di Sita Polisi Malaysia, Hasil Korupsi?

Mantan PM Malaysia, Najib Razak. (sumber;internet)

KUALA LUMPUR - Ribuan perhiasan, ratusan tas tangan, jam tangan dan kacamata hingga sejumlah besar uang tunai berbagai mata uang asing yang disita dari mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak disebut mencapai total nilai Rp 3,8 triliun. Terdiri dari apa saja? 

Seperti dilansir Reuters, Rabu (27/6/2018), dalam konferensi pers terbaru, Kepolisian Malaysia mengumumkan nilai total dari uang tunai dan barang-barang mewah yang disita dari Najib dalam penggeledahan beberapa waktu lalu. Penggeledahan terkait penyelidikan skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang menyeret Najib.

Barang-barang itu didapat dari penggeledahan di sedikitnya enam properti terkait Najib yang tersebar di berbagai wilayah Malaysia. Banyaknya jumlah barang sitaan membuat terkejut Kepolisian Malaysia, yang menyebut penyitaan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Malaysia. 

Karena jumlahnya yang banyak, penghitungan barang sitaan dari Najib ini membutuhkan upaya ekstra. Penghitungan dilakukan selama sebulan, mulai dari 21 Mei hingga 25 Juni. Sedikitnya ada delapan tim yang terdiri atas lebih dari 150 petugas dan pakar eksternal yang bekerja bersama untuk menghitung seluruh barang sitaan itu.

Penghitungan juga tidak bisa dilakukan di lokasi penyitaan sesuai prosedur yang berlaku, karena jumlah yang terlalu banyak. Polisi Malaysia memutuskan memindahkan barang-barang sitaan ke sebuah lokasi aman yang dirahasiakan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...